detikNews
2019/10/05 13:53:58 WIB

Pasangan Blogger Australia yang Didakwa Spionase di Iran Dibebaskan

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pasangan Blogger Australia yang Didakwa Spionase di Iran Dibebaskan Jolie King dan Mark Firkin (Instagram via abc.net.au)
Canberra - Pasangan travel blogger asal Australia yang sempat ditahan di Iran atas dakwaan spionase, akhirnya dibebaskan. Pasangan ini sebelumnya ditangkap karena ketahuan menerbangkan sebuah drone tanpa izin.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (5/10/2019), pasangan bernama Jolie King dan Mark Firkin ini sedang mendokumentasikan perjalanan mereka dari Australia menuju Inggris via media sosial selama dua tahun terakhir, saat mereka ditangkap otoritas Iran. Akun media sosial mereka yang biasanya memberikan update soal perjalanan mereka, tiba-tiba senyap setelah keduanya memposting perkembangan terbaru dari Kyrgyzstan dan Pakistan sekitar tiga bulan lalu.

Bulan lalu, juru bicara otoritas kehakiman Iran menyatakan kedua warga Australia itu ditangkap karena menggunakan sebuah drone untuk mengambil foto di 'lokasi militer dan area-area terlarang' di Iran.


Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, dalam pernyataan terbaru menuturkan keduanya dibebaskan setelah melalui 'negosiasi yang sangat sensitif' dengan otoritas Iran.

"Mereka akan dipulangkan ke Australia dan mereka akan bertemu kembali dengan keluarga mereka," tutur Payne kepada wartawan setempat. "Mereka dalam suasana hati yang baik dan mereka dalam kondisi kesehatan yang baik," imbuhnya.

Dalam pernyataan terpisah, pasangan ini menyatakan kebahagiaan mereka. "Kami sangat senang dan merasa lega akan kembali ke Australia dengan orang-orang tercinta. Meskipun beberapa bulan terakhir situasinya sangat sulit, kami tahu situasinya juga sulit bagi mereka yang ada di rumah yang mengkhawatirkan kami," demikian pernyataan King dan Firkin yang dirilis melalui Kementerian Luar Negeri Australia.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com