Putin: Rusia Bantu China Bangun Sistem Peringatan Serangan Rudal

ADVERTISEMENT

Putin: Rusia Bantu China Bangun Sistem Peringatan Serangan Rudal

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 04 Okt 2019 19:14 WIB
Vladimir Putin (Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS)
Moskow - Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyatakan pihaknya sedang membantu China dalam membangun sistem peringatan serangan rudal. Sistem peringatan semacam ini, untuk saat ini, hanya dimiliki oleh Rusia dan Amerika Serikat (AS).

"Ini merupakan hal serius yang secara drastis akan meningkatkan kemampuan pertahanan Republik Rakyat China," ucap Putin dalam konferensi polisi internasional di kota Sochi, seperti dilansir Reuters, Jumat (4/10/2019).

Sistem peringatan yang tengah dikembangkan ini merupakan jenis sistem peringatan dini yang mampu mendeteksi peluncuran rudal balistik antarbenua.


Juru bicara Kremlin atau Istana Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, menolak untuk menyebut kapan sistem peringatan itu akan mulai beroperasi. Namun ditegaskan Peskov bahwa langkah itu menunjukkan Rusia dan China memiliki kedekatan khusus.

Hubungan Rusia dan China telah diwarnai oleh kekhawatiran bersama di masa lalu. Kini, beberapa pihak di Rusia khawatir soal pengaruh kuat China di wilayah timur negara tersebut, yang kaya mineral. Rusia dan China berbagi garis perbatasan sepanjang 4.200 kilometer.


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT