detikNews
2019/10/03 22:13:01 WIB

Round-Up

Trump Menelepon ke Seberang Lautan, Berujung Gerakan Pemakzulan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 4
Trump Menelepon ke Seberang Lautan, Berujung Gerakan Pemakzulan Foto ilustrasi: Presiden AS Donald Trump yang terancam dimakzulkan. (REUTERS/Carlo Allegri)
Jakarta - Komunikasi via telepon antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membawa masalah bagi Trump. Pembicaraan melintasi Samudera Atlantik hingga ke Eropa Timur itu berujung upaya pemakzulan Trump.

Komunikasi via telepon dijalin Trump dan Zelenksy pada 25 Juli 2019. Apa yang mereka perbincangkan pada tanggal itu?

Trump menjelaskan pembicaraan dengan Zelensky hanyalah pembicaraan bersahabat biasa. Namun Trump diduga menekan Presiden Zelensky untuk menginvestigasi korupsi saingan Trump, Joe Biden dan anak Joe Biden bernama Hunter. Biden berpotensi menjadi penantang utama Trump dalam pemilihan presiden (pilpres) tahun 2020 mendatang.



Kenapa harus menghubungi Presiden Ukraina demi menginvestigasi korupsi Joe Biden dan anaknya? Soalnya, Hunter pernah bekerja di sebuah perusahaan pengeboran gas di Ukraina.

Trump membantah laporan yang menyebut dirinya sengaja menahan bantuan untuk Ukraina sebesar USD 400 juta sebagai 'umpan' agar Zelenskiy meluncurkan penyelidikan yang bisa merusak citra Biden.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com