detikNews
Senin 30 September 2019, 01:07 WIB

Gempa M 6,8 Guncang Chile

Indra Komara - detikNews
Gempa M 6,8 Guncang Chile Ilustrasi Gempa. (Foto: Zainal Abidin)
Jakarta - Gempa magnitudo 6,8 melanda Pasifik di lepas pantai Chile. Gempa tersebut memungkinkan menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak.

"Ada kemungkinan kecil korban dan kerusakan," kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), seperti dikutip AFP, Senin (30/9/2019).

Gempa ini sebelumnya, sempat disebutkan berkekuatan magnitudo 7,2 yang terjadi 41 mil (66 kilometer) barat-barat daya Constitucion, Chile. Namun, Pusat Seismologi Nasional Chili (CSN) mengatakan gempa terjadi dengan kekuatan M 6,6.



Meskipun belum ada laporan cedera akibat gempa, Kantor Darurat Nasional Chile (ONEMI) menyebut ada kerusakan infrastruktur. Guncangan hebat ini juga tidak dilaporkan adanya potensi tsunami.

Chile merupakan salah satu negara paling rawan gempa di dunia. Gempa bumi Valdivia tahun 1960 di Chile, tercatat berkekuatan M 9,5 dan disebut dengan getaran gempa terkuat.

Chile terletak di Ring of Fire -busur garis patahan yang mengelilingi Cekungan Pasifik dan rentan terhadap gempa bumi dan letusan gunung berapi yang sering terjadi.




Langkah-langkah Jika Terjadi Gempa Bumi:

[Gambas:Video 20detik]




(idn/aik)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com