detikNews
2019/09/28 08:11:35 WIB

Warga Palestina Tewas Ditembak Israel dalam Bentrok di Perbatasan Gaza

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Warga Palestina Tewas Ditembak Israel dalam Bentrok di Perbatasan Gaza Demonstran Palestina menggunakan ketapel untuk melemparkan kembali gas air mata ke arah tentara Israel di sepanjang perbatasan Gaza (SAID KHATIB/AFP)
Gaza - Seorang pemuda Palestina tewas setelah ditembak tentara Israel dalam bentrokan terbaru yang pecah di sepanjang perbatasan Gaza-Israel. Puluhan warga Palestina lainnya mengalami luka-luka dalam bentrokan itu.

Kementerian Kesehatan Gaza dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Sabtu (28/9/2019), menyebut pemuda Palestina bernama Sahar Othman (20) ini ditembak tentara Israel di bagian dada. Penembakan terjadi dalam bentrokan di dekat Rafah, Gaza bagian selatan pada Jumat (27/9) waktu setempat.

Diketahui bahwa warga Palestina secara rutin menggelar unjuk rasa setiap Jumat di berbagai titik sepanjang perbatasan Gaza-Israel sejak Maret 2018. Aksi ini menuntut agar Israel mengakhiri blokade atas Gaza.


Demonstran juga menuntut Israel mengizinkan warga Palestina untuk kembali ke tanah mereka, setelah melarikan diri saat perang tahun 1948 silam yang kemudian berujung berdirinya Israel.

Ditegaskan oleh Israel sebelumnya bahwa memberi izin kepada warga Palestina untuk kembali ke tanah mereka, sama saja mengakhiri keberadaan Israel. Berulang kali, Israel menuduh Hamas -- yang menguasai Gaza -- sebagai dalang utama yang menggerakan unjuk rasa semacam ini.

Kementerian Kesehatan Gaza menambahkan bahwa 32 warga Palestina lainnya mengalami luka-luka setelah terkena tembakan dalam unjuk rasa pada Jumat (27/9) waktu setempat.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com