detikNews
2019/09/27 10:36:56 WIB

Perusahaan Keluarga Suami Menteri Malaysia Terlibat Kebakaran Hutan RI

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Perusahaan Keluarga Suami Menteri Malaysia Terlibat Kebakaran Hutan RI Yeo Bee Yin (Bernama)
Kuala Lumpur - Menteri Energi, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim Malaysia, Yeo Bee Yin, didesak mundur dari jabatannya karena adanya konflik kepentingan di tengah penanganan bencana kabut asap.

Seperti dilansir kantor berita Bernama dan Channel News Asia, Jumat (27/9/2019), desakan mundur mencuat usai terungkap bahwa salah satu perusahaan Malaysia yang disegel Indonesia karena dianggap menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), merupakan anak perusahaan dari keluarga suami Yeo.

IOI Corporation yang terkait keluarga dari suami Yeo, diketahui memiliki sebuah anak perusahaan perkebunan di Indonesia. Anak perusahaan yang dimaksud adalah PT Sukses Karya Sawit yang -- bersama puluhan perusahaan lainnya-- telah disegel pemerintah Indonesia karena dianggap menjadi penyebab karhutla.


Dalam pernyataan terbaru, seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Yeo menepis desakan mundur tersebut. Saat dimintai tanggapan soal perusahaan keluarga suaminya itu, Yeo menjawab bahwa persoalan semacam itu harus ditangani langsung oleh pemerintah Indonesia.

Ditegaskan Yeo bahwa pemerintah Indonesia harus menyelidiki persoalan itu dan mengambil langkah yang diperlukan terhadap setiap perusahaan yang terbukti bersalah menyebabkan karhutla.

"Saya harap daripada mengkritik, oposisi bisa memberikan gagasan membangun untuk menyelesaikan isu-isu semacam ini di masa mendatang. Situasi ini telah terjadi selama beberapa dekade, dan kami menyambut gagasan-gagasan baik dari pemerintah ataupun oposisi," ucap Yeo merujuk pada oposisi Malaysia yang pertama melontarkan kritikan soal konflik kepentingan tersebut.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com