detikNews
2019/09/27 03:31:37 WIB

Mahathir: Anda Bisa Kritik Indonesia tapi Kebakaran Hutan Akan Tetap Ada

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mahathir: Anda Bisa Kritik Indonesia tapi Kebakaran Hutan Akan Tetap Ada PM Malaysia Mahathir Mohamad dan Presiden Jokowi. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
New York - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, melempar kritik soal penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia. Mahathir menilai dunia tidak bisa menekan Indonesia.

Dalam beberapa waktu terakhir, Malaysia mengeluhkan asap karhutla yang juga berimbas ke negaranya. Mahathir membandingkan kebakaran hutan di Indonesia dengan yang terjadi di Amazon, Brasil.


"Presiden Brasil yang baru tak mempermasalahkan pembakaran hutan untuk pertanian dan tak ada yang bisa menyetopnya. Saya pikir, sistem tidak mengizinkan kita untuk mencampuri urusan dalam negeri di negara lain," kata Mahathir seperti dilansir New Strait Times, Jumat (27/8/2019).

"Anda bisa menyalahkan Indonesia, Anda bisa mengkritik mereka, tapi kebakaran itu akan tetap ada," sambungnya.

Hal itu disampaikan Mahathir saat menghadiri dialog World Leaders Forum di Columbia University, New York. Dia menjawab pertanyaan apakah sanksi ekonomi atau sorotan komunitas internasional yang bertentangan dengan Indonesia bisa mengatasi masalah asap ini.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com