detikNews
2019/09/25 19:06:06 WIB

Ditanya Soal Tekanan Trump, Presiden Ukraina: Cuma Anak yang Bisa Menekan Saya

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ditanya Soal Tekanan Trump, Presiden Ukraina: Cuma Anak yang Bisa Menekan Saya Volodymyr Zelenskiy (REUTERS/Viacheslav Ratynskyi)
New York - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, ditanya isu yang ramai dibahas soal Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menekan dirinya secara tidak pantas saat bercakap via telepon pada Juli lalu. Zelenskiy menegaskan tidak ada yang bisa menekan dirinya, kecuali anak laki-lakinya yang baru berusia 6 tahun.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (25/9/2019), House of Representatives (HOR) atau DPR AS telah meluncurkan penyelidikan pemakzulan resmi terhadap Trump.


Dasar penyelidikan adalah laporan seorang whistleblower yang menuduh Trump menekan Zelenskiy untuk melakukan penyelidikan terhadap Joe Biden -- mantan Wakil Presiden AS yang kini menjadi kandidat capres AS -- dan putranya, Hunter, yang pernah bekerja di perusahaan gas di Ukraina.

Penyelidikan pemakzulan yang dilakukan DPR AS bertujuan untuk mencari tahu apakah Trump benar-benar meminta bantuan Ukraina untuk memfitnah Biden, yang berpotensi menjadi penantang utama Trump dalam pemilihan presiden tahun 2020 mendatang.


Trump mengecam penyelidikan pemakzulan itu sebagai praktik 'witch hunt' oleh Partai Demokrat yang menyalahkan dirinya secara membabi-buta.

Trump mengakui memang membahas Biden dalam percakapan telepon, namun dia menegaskan dirinya tidak pernah menekan Zelenskiy. Dia juga membantah laporan yang menyebut dirinya sengaja menahan bantuan untuk Ukraina sebesar US$ 400 juta sebagai 'umpan' agar Zelenskiy meluncurkan penyelidikan yang bisa merusak citra Biden. Trump berjanji akan merilis transkrip percakapan telepon pada 25 Juli lalu, untuk membuktikan hal itu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com