detikNews
Rabu 25 September 2019, 13:44 WIB

Baku Tembak dengan Polisi Mesir, 6 Anggota Ikhwanul Muslimin Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Baku Tembak dengan Polisi Mesir, 6 Anggota Ikhwanul Muslimin Tewas Foto: AFP
Kairo - Enam anggota kelompok Ikhwanul Muslimin tewas dalam baku tembak dengan aparat polisi Mesir di pinggiran Kairo, ibu kota Mesir.

Dalam statemen singkat, Kementerian Dalam Negeri Mesir menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (25/9/2019), polisi terlibat baku tembak dengan kelompok tersebut, yang dituduh "merencanakan serangkaian operasi teror".


Kematian anggota Ikhwanul Muslimin ini disampaikan Kementerian Dalam Negeri menyusul aksi-aksi demo yang langka terhadap Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, yang terjadi di sejumlah kota pada Jumat (20/9) dan Sabtu (21/9). Media pemerintah menuding kelompok tersebut mempengaruhi para demonstran.

Diketahui bahwa setelah kudeta militer pada tahun 2013 menggulingkan presiden Mohamed Morsi, kelompok Ikhwanul pun dilarang dan dinyatakan sebagai kelompok teror. Sisi yang memimpin kudeta militer tersebut, dilantik menjadi presiden pada tahun 2014.


Operasi penangkapan berskala besar yang terjadi sejak itu telah membuat ribuan anggota Ikhwanul dipenjara. Otoritas Mesir juga kerap melakukan penggerebekan dan pemusnahan afiliasi bersenjata dari kelompok terlarang tersebut.

Bulan lalu, pasukan keamanan Mesir menewaskan 17 terduga militan terkait ledakan bom di Kairo yang menewaskan 20 orang.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com