detikNews
2019/09/25 10:45:39 WIB

DPR AS Mulai Penyelidikan Pemakzulan, Trump: Itu Pelecehan Presiden!

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
DPR AS Mulai Penyelidikan Pemakzulan, Trump: Itu Pelecehan Presiden! Donald Trump (AFP Photo/SAUL LOEB)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyerang Partai Demokrat setelah Ketua House of Representatives (HOR) atau DPR AS, Nancy Pelosi, mengumumkan dimulainya penyelidikan pemakzulan terhadap dirinya. Trump menyebut pengumuman itu melecehkan Presiden AS.

"PELECEHAN PRESIDEN!" tegas Trump dalam tanggapannya via Twitter, seperti dilansir Reuters, Rabu (25/9/2019).


Trump sebelumnya menyebut pengumuman dimulainya penyelidikan pemakzulan sebagai upaya 'Witch Hunt' yang dilakukan Partai Demokrat yang kini mendominasi DPR AS. Dia menyebut pengumuman ini merusak dan merendahkan momen penting saat digelarnya Sidang Umum PBB di New York.

"Sungguh hari yang penting di Perserikatan Bangsa-bangsa, begitu banyak pekerjaan dan begitu banyak kesuksesan, dan Demokrat secara sengaja merusaknya dan merendahkannya dengan lebih banyak breaking news soal sampah Witch Hunt. Sungguh buruk bagi negara kita!" tulis Trump via akun Twitter-nya.


Pengumuman dimulainya penyelidikan pemakzulan disampaikan Pelosi setelah muncul laporan bahwa Trump menekan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, untuk menyelidiki kandidat capres Demokrat, Joe Biden dan putranya, Hunter, yang pernah bekerja di sebuah perusahaan pengeboran gas di Ukraina. Tekanan itu disampaikan Trump dalam percakapan telepon dengan Zelenskiy pada 25 Juli lalu.

Pelosi menyebut tindakan Trump itu membahayakan keamanan nasional dan melanggar Konstitusi AS. Penyelidikan perlu dilakukan untuk mencari tahu apakah Trump benar-benar meminta bantuan Ukraina untuk memfitnah Biden, yang akan berpotensi menjadi penantang utama Trump dalam pemilihan presiden tahun 2020 mendatang.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com