Koalisi Arab Saudi Gagalkan Serangan Pemberontak Houthi di Laut Merah

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 20 Sep 2019 13:37 WIB
Ilustrasi -- Pemberontak Houthi di Yaman (Khaled Abdullah/REUTERS)
Riyadh - Koalisi militer pimpinan Arab Saudi mengklaim telah mencegat dan menghancurkan sebuah kapal bermuatan peledak yang diluncurkan dari Yaman oleh pemberontak Houthi. Insiden ini dinilai semakin meningkatkan ketegangan di Timur Tengah setelah serangan ke ladang minyak Saudi pada akhir pekan lalu.

"Pasukan Angkatan Laut koalisi (Saudi) mendeteksi sebuah upaya oleh teroris milisi Houthi yang didukung Iran untuk melakukan sebuah aksi agresi dan terorisme di sebelah selatan laut Merah dengan menggunakan sebuah kapal tanpa awak, yang dimodifikasi... yang diluncurkan dari Provinsi Hodeidah," sebut juru bicara koalisi Saudi, Kolonel Turki al-Malki, dalam pernyataannya seperti dilansir Reuters, Jumat (20/9/2019).

Al-Malki tidak menyebut lebih lanjut target serangan itu.


Belum ada konfirmasi dari Houthi terkait hal ini. Kelompok pemberontak yang menguasai wilayah strategis Yaman ini telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan ke ladang minyak Saudi pada 14 September lalu. Otoritas Saudi menolak klaim Hotuhi dan meyakini serangan tidak datang dari wilayah Yaman.

Sebelumnya, pemberontak Houthi yang mengancam akan semakin memperluas serangan ke wilayah Saudi, pernah menargetkan kapal-kapal dekat perairan Yaman, tepatnya dekat perairan Selat Bab al-Mandeb di ujung selatan Laut Merah, salah satu rute pelayaran kapal tanker paling vital di dunia.
Selanjutnya
Halaman
1 2