Presiden Iran: Serangan Houthi ke Ladang Minyak Saudi Adalah Peringatan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 18 Sep 2019 18:23 WIB
Presiden Iran Hassan Rouhani (Foto: Official President website/Handout via REUTERS)
Teheran - Presiden Iran Hassan Rouhani membela serangan kelompok pemberontak Houthi ke ladang minyak Arab Saudi. Rouhani menyebut serangan itu sebagai peringatan akan kemungkinan perang yang lebih luas sebagai respons atas intervensi militer Saudi di Yaman.

"Orang-orang Yaman tersebut... belum menyerang rumah sakit, mereka belum menyerang sekolah, mereka belum menyerang bazaar di Sanaa. Mereka cuma menyerang pusat industri... untuk mengingatkan Anda," ujar Rouhani usai rapat kabinet seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (18/9/2019).

"Ambil pelajaran dari peringatan ini dan pertimbangkan bahwa mungkin ada perang di wilayah tersebut," kata Rouhani yang tampaknya ditujukan kepada para penguasa Saudi, yang telah menghabiskan dana miliaran dolar untuk membeli persenjataan Amerika Serikat.


Diketahui bahwa kelompok pemberontak Houthi di Yaman mengklaim bertanggung jawab atas serangan drone ke fasilitas-fasilitas minyak Saudi. Namun pemerintahan Presiden Donald Trump menyimpulkan bahwa serangan-serangan itu melibatkan rudal-rudal penjelajah dari Iran.

Selanjutnya
Halaman
1 2