detikNews
2019/09/10 11:21:10 WIB

Pemimpin Hong Kong Ingatkan AS Jangan Ikut Campur Soal Aksi Demo

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemimpin Hong Kong Ingatkan AS Jangan Ikut Campur Soal Aksi Demo demonstran Hong Kong menggelar aksi di luar Konsulat AS (Foto: REUTERS/Anushree Fadnavis)
Hong Kong - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengingatkan Amerika Serikat untuk tidak mencampuri respons pemerintahannya terhadap aksi-aksi demo pro-demokrasi di kota tersebut. Peringatan ini disampaikan Lam setelah ribuan demonstran berkumpul di luar kantor Konsulat AS di Hong Kong untuk meminta Washington menekan China.

Jutaan orang telah menggelar aksi-aksi demo selama 14 minggu terakhir dalam tantangan terbesar terhadap kekuasaan China sejak diserahkannya Hong Kong dari Inggris pada tahun 1997.

Para pengunjuk rasa kembali turun ke jalan pada hari Minggu (8/9) dan bergerak menuju konsulat AS untuk meminta Kongres AS mengesahkan RUU yang menyatakan dukungan untuk gerakan pro-demokrasi.


Namun Kepala Eksekutif Hong Kong yang pro-Beijing, Carrie Lam mengatakan bahwa setiap perubahan pada hubungan ekonominya dengan Washington akan mengancam "keuntungan bersama".

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com