Pengungsi Rohingya Tewas Ditembak Terkait Pembunuhan Pejabat Bangladesh

Pengungsi Rohingya Tewas Ditembak Terkait Pembunuhan Pejabat Bangladesh

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 02 Sep 2019 14:24 WIB
Foto: AFP
Foto: AFP
Dhaka - Insiden penembakan pengungsi Rohingya kembali terjadi di Bangladesh. Pria Rohingya itu tewas ditembak terkait pembunuhan seorang pejabat partai berkuasa Bangladesh yang memicu reaksi keras dari warga lokal.

Dalam beberapa pekan terakhir telah terjadi rentetan kekerasan di kamp-kamp pengungsi di Bangladesh tenggara, di mana hampir satu juga warga Rohingya bermukim setelah meninggalkan Myanmar.

Setidaknya lima pria Rohingya telah tewas dalam bentrokan di kamp-kamp pengungsi tersebut -- diduga terkait kekerasan geng -- sementara pejabat partai Liga Awami, Omar Faruk, tewas ditembak di bagian kepala pada akhir Agustus lalu di kamp Jadimura di kota perbatasan Teknaf.


Kepolisian Bangladesh seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (2/9/2019), menyalahkan para pembunuh bayaran Rohingya atas kematian Faruk. Polisi telah menembak mati tiga pengungsi Rohingya dalam sepekan terakhir terkait peristiwa pembunuhan Faruk.

Korban tewas keempat atau yang terbaru adalah Nur Mohammad, pria Rohingya berumur 36 tahun yang diduga sebagai pemimpin geng Rohingya, yang tiba di Bangladesh pada tahun 1992 dan beroperasi di bukit-bukit sekitar kamp-kamp pengungsi.

Selanjutnya
Halaman
1 2