Iran Sudah 3 Kali Gagal Luncurkan Satelit Sepanjang Tahun Ini

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 13:29 WIB
Citra satelit tunjukkan roket Iran meledak di landasan peluncuran (Satellite image ©2019 Maxar Technologies via AP)

Citra satelit lain yang dirilis Maxar Technologies menunjukkan situasi lebih jelas di landasan peluncuran di kompleks Pusat Luar Angkasa Imam Khomeini. Citra satelit itu menunjukkan bahwa roket masih terpasang pada mesin yang digunakan untuk mengangkut dan menegakkannya untuk peluncuran.

Laporan NPR menyebut landasan peluncuran itu baru saja dicat ulang dalam beberapa hari terakhir dan sejumlah kendaraan tampak lalu-lalang di sekitarnya. Pada Kamis (29/8) pagi waktu setempat, separuh dari cat yang menutupi landasan pacu itu tampak hangus terbakar.

"Tampaknya kendaraan peluncuran luas angkasa meledak di atas landasan peluncuran. Kegagalan ini mungkin terjadi beberapa menit sebelum citra satelit diambil," sebut Schmerler dalam analisis terbarunya.


"Bagi saya, ini tampaknya insiden yang terjadi saat persiapan peluncuran. Itu kemungkinan besar terjadi masalah saat pengisian bahan bakar rudal, atau terjadi tegangan pendek," ucap Michael Elleman selaku Direktur Program Nonproliferasi dan Kebijakan Nuklir pada Institut Internasional untuk Kajian Strategis.

AS yang merupakan musuh Iran sejak lama, mengkhawatirkan teknologi balistik jarak jauh yang dipakai dalam peluncuran satelit juga bisa digunakan dalam aktivitas peluncuran hulu ledak nuklir. Iran telah membantah tuduhan AS bahwa aktivitas peluncuran rudal yang dilakukannya merupakan kedok untuk pengembangan rudal balistik.

Iran diketahui berhasil meluncurkan satelit pertamanya yang bernama Omid tahun 2009 lalu dan satelit Rasad pada Juni 2011. Tahun 2012, Iran mengklaim sukses meluncurkan satelit domestik ketiga bernama Navid.

Halaman

(nvc/ita)