Pendaki Asal Rusia Tewas Tertimpa Batu di Gunung Fuji

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 27 Agu 2019 02:10 WIB
Ilustrasi (Foto: (titry frilyani/d'Traveler)
Tokyo - Seorang pendaki asal Rusia tewas tertimpa batu jatuh di Gunung Fuji, Jepang. Dia meninggal dunia di dekat puncak gunung.

Dilansir dari AFP, Selasa (27/8/2019), polisi mengatakan wanita berusia 20-an itu terluka parah di pagi hari ketika mendekati puncak gunung dengan ketinggian 3.776 meter itu.

"Tim penyelamat dan seorang dokter bergegas ke lokasi itu tetapi dia kemudian dipastikan meninggal," kata seorang pejabat polisi setempat kepada AFP.



Penyiar publik NHK dan media lokal lainnya mengidentifikasikan korban sebagai warga negara Rusia berusia 29 tahun. Dia tinggal di Tokyo dengan seorang suami WN Jepang.

Akibat insiden itu, salah satu rute menuju puncak ditutup.



Diketahui, setiap tahun ratusan ribu orang termasuk orang asing mendaki Gunung Fuji. Gunung itu dianggap sebagai gunung suci di Jepang.

Musim pendakian resmi dimulai dari awal Juli hingga akhir Agustus.

Hampir diselimuti salju di sepanjang tahun, puncak gunung dianggap berbahaya selama musim sepi karena lerengnya yang curam dan hembusan konstan.

Gunung berbentuk kerucut, sekitar 100 kilometer (62 mil) barat Tokyo, dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 2013.




Tonton video Cara Menangani Korban Hipotermia yang Tak Sadarkan Diri:

[Gambas:Video 20detik]

(knv/abw)