ADVERTISEMENT
detikNews
2019/08/15 21:06:16 WIB

Round-Up

Hong Kong Menghangat, Artileri China Mendekat

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hong Kong Menghangat, Artileri China Mendekat Kendaraan Militer China Rapatkan Barisan di Perbatasan Hong Kong (Foto: REUTERS/Thomas Peter)
Beijing - Kekhawatiran akan intervensi terhadap Hong Kong semakin menjadi-jadi setelah artileri China terdeteksi mendekat ke perbatasan dua negara tersebut. Sejumlah pihak memang memperkirakan China akan menggunakan kekuatan militer untuk mengatasi aksi demonstrasi yang telah berlangsung dua bulan di Hong Kong.

Maxar Technologies hari ini merilis foto citra satelit yang menunjukkan adanya pengerahan kendaraan tempur lapis baja ke sebuah stadion di Kota Shenzhen, China. Maxar Technologies sendiri merupakan perusahaan teknologi luar angkasa yang sering merilis gambar satelit dari berbagai belahan dunia.

Citra satelit Maxar Technologies itu memperlihatkan lebih dari 100 kendaraan pengangkut personel itu ditempatkan di dalam dan sekitar stadion Shenzhen Bay Sports Centre.


Citra satelit dari Maxar Technologies.Citra satelit dari Maxar Technologies. (Foto: Satellite image ©2019 Maxar Technologies via AP)


Awal pekan ini, media yang dikendalikan Pemerintah China melaporkan, tentara negeri tirai bambu dikumpulkan untuk mengadakan latihan di kota perbatasan. Menurut media, latihan di Shenzhen telah direncanakan sebelumnya dan tidak terkait dengan kerusuhan di Hong Kong.

Namun, alasan latihan patut dipertanyakan. Pasalnya, pengerahan pasukan ini dilakukan tak lama setelah Pemerintah China menyebut demo Hong Kong mulai menunjukkan 'bibit terorisme'.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed