Bunuh Harimau yang Serang Warga, 4 Orang Ditangkap di India

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 26 Jul 2019 19:48 WIB
Ilustrasi (Dibyangshu SARKAR/AFP)
New Delhi - Kepolisian India menangkap empat orang setelah gerombolan warga desa setempat secara brutal memukuli seekor harimau betina hingga mati. Penyerangan itu dilakukan setelah harimau liar itu menyerang warga setempat.

Seperti dilansir AFP, Jumat (26/7/2019), video yang direkam dengan telepon genggam yang viral di media sosial menunjukkan penyerangan brutal oleh sekelompok warga.

Dituturkan otoritas setempat bahwa satu dari sembilan orang yang diserang harimau itu sebelumnya, meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit.


Kasus terbaru ini terjadi saat kasus manusia melawan hewan liar semakin meningkat di India. Para pakar menyalahkan semakin menyusutnya habitat harimau dan kekurangan pangan yang dialami satwa liar.

Menurut pejabat distrik setempat, Vaibhav Srivastava, harimau itu menyerang warga setelah tersesat di luar Taman Nasional Harimau Pilibhit di Uttar Pradesh.

Srivastava menuturkan kepada AFP, puluhan orang mengepung harimau betina itu setelah harimau itu masuk ke desa mereka. Orang-orang mengejar dan membantai harimau itu dengan tongkat kayu dan tombak.


Sekitar 36 orang diburu otoritas setempat terkait pembunuhan terhadap harimau itu. Sejauh ini baru empat orang yang berhasil ditangkap.

Ditambahkan Srivastava bahwa warga desa setempat merasa takut sekaligus marah setelah harimau itu menyerang manusia. Rekaman video yang beredar menunjukkan orang-orang tetap memukuli harimau itu yang tergeletak tak bergerak di atas tanah.

Bangkai harimau itu dikremasi agar organ tubuhnya tidak jatuh ke tangan sindikat penyelundup.

(nvc/fdn)