Ada Meteorit Jatuh ke Sawah, Para Petani India Kaget

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 25 Jul 2019 18:42 WIB
Objek diduga meteorit jatuh ke sawah di India dan memicu kawah sedalam 1,2 meter (STR/AFP)
New Delhi - Para petani di India dibuat kaget oleh sebuah objek diduga meteorit yang jatuh ke sebuah sawah setempat. Objek yang berukuran sebesar bola sepakbola ini memicu sebuah kawah lumayan besar di tengah sawah yang dipenuhi lumpur.

Seperti dilansir AFP, Kamis (25/7/2019), objek berwarna cokelat muda ini membuat para petani dan warga setempat berlarian, saat terjatuh ke sebuah sawah di wilayah desa Mahadeva yang ada di distrik Madhubani, Bihar, India bagian timur, pada Rabu (24/7) sore waktu setempat.


Objek ini sempat memicu asap saat menghujam ke dalam lumpur di area sawah setempat.

"Para petani sedang bekerja di sawah ketika batu yang berat ini jatuh dari langit dengan suara sangat keras," tutur pejabat distrik Madhubani, Shirsat Kapil Ashok, dalam pernyataan kepada AFP.

Objek diduga meteorit ini tengah dianalisis para ilmuwan IndiaObjek diduga meteorit ini tengah dianalisis para ilmuwan India Foto: STR/AFP

Warga desa dan para petani kembali ke lokasi saat asap mulai hilang. Secara bersama-sama mereka menarik keluar objek diduga meteorit itu dari kawah sedalam 1,2 meter.

"Kami melihatnya memiliki sifat magnetik yang sangat kuat, agak bersinar dan memiliki berat sekitar 15 kilogram," sebut Ashok dalam pernyataannya.

Objek itu diserahkan ke otoritas setempat dan saat ini tengah dianalisis oleh para ilmuwan sebagai dugaan meteorit.


Diketahui bahwa meteor merupakan partikel debu dan bebatuan yang biasanya terbakar saat menembus atmosfer Bumi. Meteor yang masih utuh setelah mendarat di Bumi disebut sebagai meteorit.

Tahun 2016 lalu, otoritas Tamil Nadu di India menyatakan bahwa sebuah meteorit menewaskan seorang sopir bus dan melukai tiga orang lainnya. Meskipun para ilmuwan India mendukung klaim otoritas Tamil Nadu saat itu, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan keraguannya bahwa objek yang menewaskan sopir bus itu adalah sebuah meteorit.




Tonton Video Terekam Kamera! Meteor Melintas di Langit Australia:

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/haf)