detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 05:05 WIB

Trump Klaim AS Tembak Jatuh Drone Iran di Selat Hormuz

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Trump Klaim AS Tembak Jatuh Drone Iran di Selat Hormuz Donald Trump (Foto: AFP Photo/SAUL LOEB)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengaku militernya telah menembak jatuh pesawat tanpa awak atau drone milik Iran di Selat Hormuz. Drone itu ditembak jatuh lantaran dianggap mengancam kapal dengan terbang sejauh 1.000 meter darinya.

"USS Boxer mengambil tindakan defensif terhadap pesawat tak berawak Iran karena 'mengancam keselamatan kapal dan awak kapal'," kata Trump seperti dikutip dari AFP, Jumat (19/7/2019).

"Drone itu segera dihancurkan," tambahnya.



Jatuhnya pesawat tak berawak itu menambah ketegangan di wilayah Teluk antara AS dan Iran. Atas peristiwa itu, Trump menuding pemerintah terus melakukan provokasi kepada AS.

"Ini adalah yang terbaru dari banyak tindakan provokatif dan bermusuhan oleh Iran, terhadap kapal yang beroperasi di perairan internasional," kata Trump.



Trump menilai ditembaknya pesawat tak berawak milik Iran kemarin itu sebagai upaya membela diri. Dia pun menyerukan agar semua negara mengutuk Iran untuk mengganggu kebebasan navigasi dan perdagangan global.

"Amerika Serikat berhak untuk membela personel kami, fasilitas kami, dan kepentingan serta menyerukan semua negara untuk mengutuk upaya Iran untuk mengganggu kebebasan navigasi dan perdagangan global," tuturnya.

"Saya juga meminta negara-negara lain untuk melindungi kapal mereka saat mereka melewati Selat dan untuk bekerja dengan kami di masa depan," imbuh Trump.

Simak Video "Soal Perdagangan dengan China, Trump: AS Harus Untung"
[Gambas:Video 20detik]

(mae/eva)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed