detikNews
Jumat 28 Juni 2019, 10:46 WIB

Kanada Klaim Kapal Militernya Kena Dengungan Jet Tempur China

Novi Christiastuti - detikNews
Kanada Klaim Kapal Militernya Kena Dengungan Jet Tempur China HMCS Regina dan kapal pendukung Asterix dalam foto dokumentasi pada Maret 2019 (Master Cpl. PJ Letourneau, Canadian Forces Combat Camera via Toronto Sun)
Ottawa - Dua kapal Angkatan Laut Kanada mengalami insiden dengan sejumlah jet tempur China saat berlayar melintasi Laut China Timur, pekan ini. Kapal militer Kanada itu dilaporkan terkena 'buzzed' atau 'dengungan' dari jet-jet tempur China.

Militer Kanada dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Jumat (28/6/2019), juga menyebut sebuah helikopter milik Angkatan Laut Kanada juga dilaporkan menjadi target 'laser' yang terdeteksi dari sebuah kapal nelayan di sekitar perairan tersebut.

Dinyatakan tidak ada korban luka maupun kerusakan dalam insiden ini.

Pengungkapan insiden ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Kanada dan China terkait penangkapan pejabat eksekutif raksasa telekomunikasi China, Huawei, pada Desember 2018 serta penahanan dua warga Kanada oleh China yang dipandang sebagai aksi balasan.


Kementerian Pertahanan Kanada menegaskan bahwa satu kapal frigate HMCS Regina dan satu kapal pendukung Asterix berlayar di 'perairan internasional di Laut China Timur' ketika dua jet tempur Su-30 milik China terbang di dekat mereka.

"Melewati kapal dalam jarak sekitar 300 meter dan ketinggian sekitar 100 kaki (30 meter)," sebut Kementerian Pertahanan Kanada dalam pernyataannya.

Insiden 'buzzing' atau 'dengungan' dari jet tempur China disebut terjadi pada Senin (24/6) lalu, sekitar pukul 15.30 waktu setempat.

Tidak hanya itu, disebutkan juga bahwa kapal-kapal militer Kanada dibayangi oleh sejumlah kapal dan pesawat China ketika kapal-kapal itu transit melewati kawasan maritim tersebut. Kendati demikian, Kementerian Pertahanan Kanada masih menyebut interaksi itu 'profesional'.


Kapal-kapal militer Kanada yang melewati Laut China Timur itu diketahui baru saja melakukan kunjungan ke Teluk Cam Ranh di Vietnam dan bergerak di Asia Timur untuk bergabung dengan upaya sejumlah negara mencegah pelanggaran sanksi-sanksi PBB oleh Korea Utara (Korut).

Diketahui bahwa hubungan antara Kanada dan China memburuk setelah Chief Financial Officer Huawei, Meng Wanzhou, ditangkap di Vancouver tahun lalu. Beberapa hari kemudian, China menangkap dua warga Kanada, mantan diplomat Michael Kovrig dan pengusaha Michael Spavor, dalam langkah yang dipandang sebagai balasan.

Baik Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau maupun Presiden China Xi Jinping sama-sama menghadiri KTT G20 di Jepang pekan ini. Kedua pemimpin negara sudah sejak lama tak saling bicara.



Simak Video "Kebocoran Gas di Hotel Kanada, 15 Orang Kritis"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com