detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 14:55 WIB

Israel Akan Lakukan Segalanya Untuk Cegah Iran Miliki Senjata Nuklir

Rita Uli Hutapea - detikNews
Israel Akan Lakukan Segalanya Untuk Cegah Iran Miliki Senjata Nuklir PM Israel Benjamin Netanyahu (Foto: DW (News))
Tel Aviv - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa negaranya akan melakukan segalanya untuk mencegah musuh lamanya, Iran, memiliki senjata nuklir.

Hal tersebut disampaikan Netanyahu saat menerima kunjungan seorang pejabat keamanan senior Rusia, Nikolai Patrushev yang menjabat sebagai kepala dewan keamanan Rusia yang berpengaruh di negara tersebut.

"Israel tidak akan membiarkan Iran, yang menyerukan kehancuran kami, untuk bercokol di perbatasan kami; kami akan melakukan segalanya untuk mencegah Iran mendapatkan senjata nuklir," kata Netanyahu seperti dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (25/6/2019).


Kunjungan Patrushev ke Israel ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Teheran dan Washington.

Diketahui bahwa Israel telah berulang kali melakukan serangan-serangan untuk mencegah pasukan Iran bercokol di negara tetangga, Suriah, di mana Iran dan Moskow sama-sama mendukung pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad.


Pemerintah Israel telah bersumpah tak akan membiarkan Iran mendapatkan senjata nuklir dan meyakini bahwa Israel akan menjadi target Iran. Pemerintah Iran sendiri telah berulang kali menegaskan bahwa program nuklirnya semata-mata untuk kepentingan warga sipil.

PM Netanyahu telah sejak lama menentang kesepakatan nuklir antara Iran dan negara-negara besar di dunia, hingga tahun lalu, pemerintahan Presiden AS Donald Trump secara sepihak memutuskan untuk mundur dari kesepakatan tersebut.



Simak video Trump Jatuhi Sanksi ke Ayatollah Ali Khamenei:

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed