detikNews
Senin 24 Juni 2019, 18:35 WIB

Arab Saudi Beri Peringatan ke Iran Jika Lanjutkan Kebijakan Agresif

Novi Christiastuti - detikNews
Arab Saudi Beri Peringatan ke Iran Jika Lanjutkan Kebijakan Agresif Adel Al-Jubeir (REUTERS/Faisal Al Nasser)
Paris - Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, melontarkan peringatan terbaru untuk Iran di tengah ketegangan di kawasan Timur Tengah. Al-Jubeir menegaskan bahwa Iran akan menerima akibatnya jika melanjutkan 'kebijakan agresif'-nya.

Kendati demikian, Al-Jubeir menekankan bahwa Saudi tidak ingin berperang dengan negara manapun. Seperti dilansir Reuters, Senin (24/6/2019), peringatan Saudi untuk Iran ini disampaikan Al-Jubeir dalam wawancara dengan surat kabar Prancis, Le Monde, yang dirilis pekan ini.

"Hari ini, Iran ada di bawah sanksi-sanksi ekonomi parah," tegas Al-Jubeir dalam pernyataannya kepada Le Monde.

"Sanksi-sanksi ini akan diperkuat. Jika Iran terus melanjutkan kebijakan-kebijakannya yang agresif, Iran akan menerima akibatnya," imbuhnya.


Wawancara dengan Le Monde dilakukan di Paris, setelah Al-Jubeir bertemu dengan Menteri Luar Negeri Prancis di tengah upaya negara-negara Eropa untuk meredakan ketegangan di kawasan Timur Tengah usai Iran menembak jatuh sebuah drone militer Amerika Serikat (AS) dan disalahkan atas serangan terhadap enam kapal tanker.

Sama seperti AS yang merupakan sekutunya, Saudi juga menegaskan bahwa pihaknya tidak ingin terlibat perang.

"Kami mengatakan kami ingin menghindari perang dengan segala cara, seperti Amerika. Iran-lah yang memilih eskalasi," kata Al-Jubeir.

"Anda tidak bisa menyerang kapal-kapal di Teluk, Anda tidak bisa menyerang saluran pipa, Anda tidak bisa memberikan rudal balistik kepada kelompok-kelompok teroris seperti Houthi (di Yaman) untuk digunakan melawan Arab Saudi," tandasnya.


Iran telah berulang kali menyangkal terlibat dalam serangan-serangan terbaru di kawasan Teluk.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed