detikNews
Selasa 04 Juni 2019, 12:07 WIB

Raja Salman dan Putra Mahkota Saudi Salat Id di Mekah

Haris Fadhil - detikNews
Raja Salman dan Putra Mahkota Saudi Salat Id di Mekah Raja Salman (Foto: istimewa)
Riyadh - Arab Saudi menetapkan hari raya Idul Fitri jatuh pada hari ini. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS) pun melaksanakan salat Id di Masjidil Haram, Mekah.

Dilansir dari media lokal Saudi Gazzete, Selasa (4/6/2019), Raja Salman dan MBS terlihat salat berjemaah di Masjidil Haram. Foto keduanya sedang salat juga diunggah di Twitter Saudi Gazzete.

Raja Salman juga menyampaikan pesan Idul Fitri yang disampaikan Menteri Media Turki Al-Shabanah. Raja Salman berharap perdamaian dan kemakmuran bagi Kerajaan, rakyatnya, juga bagi umat Islam dan dunia pada umumnya.



"Semoga Allah menjadikan Idul Fitri kesempatan yang baik untuk interaksi, harmoni, solidaritas, toleransi, dan kebahagiaan," kata Raja Salman mengikuti pengumuman oleh Mahkamah Agung yang menetapkan Idul Fitri jatuh pada Selasa (4/6).

Dalam pesan itu, Raja Salman mengatakan dia memberi selamat kepada umat Islam dari sekitar Kakbah di Mekah.

"Pada hari yang diberkahi ini, kami dengan senang hati menyapa, dari sekitar Rumah Tuhan, semua warga negara, ekspatriat dan pengunjung di negara kami, serta semua muslim di seluruh dunia tentang kedatangan Idul Fitri," ujarnya.

"Allah telah memberkahi Kerajaan Arab Saudi, karena didirikan oleh Raja Abdulaziz, dalam melayani dua Masjid Suci dan jemaah haji dan umrah, suatu kehormatan unik untuk menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanan mereka. Kami memuji Allah karena membantu kami memanfaatkan semua kemampuan untuk memungkinkan para Tamu Tuhan melakukan ritual mereka dengan mudah dan nyaman," sambung Raja Salman.



Raja Salman mencatat Saudi berusaha melayani tujuan Islam dan mendukung perdamaian dunia. Dia berdoa agar umat Islam bisa mencapai kebaikan dan kesatuan dalam mengikuti ajaran Nabi.

"Kami meminta Allah SWT untuk membantu umat Islam untuk mencapai kebaikan dan perbaikan, dan mencapai kesatuan umat Islam dalam mengikuti Kitab-Nya dan bimbingan dari Nabi-Nya," ucapnya.

Sementara itu, Raja Salman dan Putra Mahkota, Mohammad Bin Salman, wakil perdana menteri dan menteri pertahanan, mengirim ucapan kepada beberapa raja, kepala negara, dan para pemimpin negara-negara muslim pada malam Idul Fitri.

Mereka berharap kesempatan baik ini akan membawa lebih banyak kemajuan dan berkah bagi dunia muslim. Raja dan Putra Mahkota juga menerima beberapa kabel serupa dari para pemimpin muslim.






(haf/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed