DetikNews
Minggu 24 Februari 2019, 11:24 WIB

Pesawat Kargo Atlas Air Jatuh di AS, 3 Orang Diduga Tewas

Haris Fadhil - detikNews
Pesawat Kargo Atlas Air Jatuh di AS, 3 Orang Diduga Tewas Foto: Ilustrasi pesawat jatuh (dok detikcom)
Texas - Pesawat kargo Atlas Air dengan nomor penerbangan 3591 rute Miami-Houston jatuh di sebuah teluk dekat Anahuac, Texas. Ada 3 orang yang disebut berada dalam penerbangan itu.

Dilansir dari CNBC, Minggu (24/2/2019), peristiwa ini terjadi pada Sabtu siang. Pesawat berjenis Boeing 767 itu dioperasikan untuk Amazon.

Sheriff dari County Chambers Brian Hawthorne mengatakan para saksi mata menyebut pesawat itu jatuh dengan bagian hidungnya lebih dulu menabrak teluk.

"Saya merasa mungkin ini tabrakan yang tak seorang pun akan mampu bertahan," kata Hawthorne.


Pihak Amazon menyatakan belasungkawa kepada para kru pesawat dan keluarganya. "Pikiran dan doa kami bersama kru penerbangan, keluarga dan teman-teman mereka bersama dengan seluruh tim di Atlas Air selama tragedi yang mengerikan ini," ujar wakil presiden senior operasi global Amazon Dave Clark.

Video yang diambil di lokasi oleh media lokal menunjukkan puing-puing di teluk. Terlihat sepotong bahan yang tampaknya menampilkan bagian dari logo Amazon.

Hawthrorne mengatakan lokasi kecelakaan berada di tanah rawa dan pihak berwajib telah melihat barang-barang termasuk seprai, pakaian wanita dan kotak kardus di teluk. Penerbangan ini kehilangan kontak dari radar dan radio sekitar 30 mil sebelah tenggara dari tujuannya, Bandara George Bush Intercontinental Houston.

"Penyelidik FAA (Federal Aviation Administration ) sedang dalam perjalanan ke lokasi kecelakaan, dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional telah diberitahu," kata juru bicara FAA Lynn Lunsford.



NTSB ( National Transportation Safety Board) mengatakan pihaknya mengirim tim ke lokasi kecelakaan pada Sabtu malam dari Washington D.C.

Pihak Atlas Air menyatakan ketiga orang yang ada di dalam pesawat itu merupakan prioritas untuk ditemukan. Pihaknya bakal memberi informasi lebih lanjut jika ada perkembangan.

"Orang-orang itu dan anggota keluarga mereka adalah prioritas utama kami saat ini," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

"Atlas Air bekerja sama sepenuhnya dengan FAA dan NTSB. Kami akan memperbarui begitu informasi tambahan tersedia," sambung pernyataan itu.



Pihak Boeing, yang memproduksi pesawat itu, mengatakan prihatin atas peristiwa itu. Pihaknya juga bakal memberi bantuan dalam proses evakuasi dan penyelidikan kecelakaan itu.

"Kami prihatin dengan keselamatan tiga orang yang dilaporkan berada di dalam pesawat. Kami siap memberi bantuan yang dibutuhkan," tulis pihak Boeing dalam sebuah pernyataan.
(haf/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed