DetikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 15:59 WIB

69 Orang Tewas dan 200 Dirawat di RS India Akibat Miras Oplosan

Rita Uli Hutapea - detikNews
69 Orang Tewas dan 200 Dirawat di RS India Akibat Miras Oplosan Foto: iStock
New Delhi - Sebanyak 69 orang telah tewas dan setidaknya 200 orang lainnya harus dirawat di rumah sakit di India akibat meminum minuman keras (miras) oplosan.

Insiden maut di negara bagian Assam itu terjadi kurang dari dua pekan setelah miras oplosan menewaskan sekitar 100 orang di negara-negara bagian Uttar Pradesh dan Uttarakhand, India utara.

"Kami telah mencatat kematian 50 orang di Golaghat sejak Kamis (21/2) malam," kata Dhiren Hazarika, wakil kepala kepolisian distrik Golaghat di Assam seperti dikutip kantor berita AFP, Sabtu (23/2/2019).



Seorang pejabat lainnya di distrik tetangga, Jorhat mengatakan, 19 orang telah meninggal di wilayah itu usai mengkonsumsi miras oplosan. Para korban yang tewas, termasuk banyak perempuan, bekerja di perkebunan teh lokal di wilayah tersebut.

"Orang-orang itu datang ke rumah sakit dengan muntah-muntah parah, nyeri dada yang ekstrem dan susah bernapas," ujar dokter Ratul Bordoloi, direktur gabungan departemen kesehatan Golaghat.


Atas insiden ini, Menteri Kepala Assam Sarbananda Sonowal memerintahkan dilakukan penyelidikan.

Kepolisian Assam menyatakan pihaknya telah menangkap seorang pria yang menjual miras oplosan tersebut. Pihak berwenang mengatakan bahwa dua pejabat departemen cukai telah diskorsing karena tidak mengambil tindakan pencegahan yang memadai atas penjualan minuman alkohol beracun tersebut.



(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed