DetikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 11:41 WIB

Angkatan Laut Iran Gelar Latihan Perang Besar-besaran di Teluk Persia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Angkatan Laut Iran Gelar Latihan Perang Besar-besaran di Teluk Persia Foto: Internet
Teheran - Angkatan Laut Iran menggelar latihan perang besar-besaran di kawasan Teluk Persia dan Laut Oman. Latihan yang berlangsung selama tiga hari ini diberi nama "Velayat 97".

Latihan yang dimulai pada Jumat (22/2) waktu setempat ini digelar di wilayah seluas dua juta kilometer persegi, dari Selat Hormuz hingga ke pantai tenggara Makran, Laut Oman dan bagian utara Samudera Hindia.

Latihan perang ini terdiri dari empat fase terpisah, termasuk parade Angkatan Laut, simulasi perang di laut real, operasi laut dan darat untuk berlatih merebut kembali wilayah yang diduduki oleh musuh, dan memamerkan kekuatan Angkatan Laut dengan meluncurkan berbagai jenis rudal dan torpedo. Demikian disampaikan Panglima Angkatan Laut Laksamana Muda Hossein Khanzadi seperti dilansir media Iran, Press TV, Sabtu (23/2/2019).


Khanzadi mengatakan, untuk pertama kalinya, Angkatan Laut Iran akan menerbangkan drone-drone patroli, pengintai dan pengebom selama latihan. Kapal-kapal selam juga akan meluncurkan rudal-rudal dalam latihan ini untuk pertama kalinya, dan helikopter-helikopter antikapal selam juga akan mendarat dan lepas landas dari dek kapal penghancur, Sahand.

Khanzadi menambahkan, taktik perang elektronik dan transmisi data elektronik dari pantai adalah bagian lain dari latihan itu.


Latihan perang ini digelar dua bulan setelah pasukan elite Korps Garda Revolusi Islam Iran, IRGC, termasuk brigade dari Angkatan Laut IRGC, menggelar latihan tahap akhir di Teluk Persia. Awal bulan ini, wakil panglima Angkatan Laut Iran mengumumkan bahwa pasukannya akan menggelar latihan selama dua pekan di Samudera Hindia pada akhir Februari ini.

"Dalam latihan ini, kita akan menampilkan kekuatan Republik Islam di wilayah dengan tersebut dengan tujuan menciptakan keamanan," tandas Khanzadi.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed