DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 16:55 WIB

16 Orang Selamat Usai 4 Jam Terjebak di Kereta Gantung SeaWorld San Diego

Novi Christiastuti - detikNews
16 Orang Selamat Usai 4 Jam Terjebak di Kereta Gantung SeaWorld San Diego Momen saat petugas mengevakuasi orang-orang yang terjebak di dalam kereta gantung yang berhenti beroperasi (Kasia Gregorczyk via AP)
California - Sebanyak 16 orang terjebak di dalam kereta gantung yang berhenti beroperasi di Teluk California, Amerika Serikat (AS), setelah hembusan angin kencang memutus arus listrik. Belasan orang itu berhasil diselamatkan setelah terjebak selama empat jam di dalam kereta gantung yang ada di kompleks SeaWorld San Diego itu.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (19/2/2019), gondola pada rangkaian kereta gantung yang mengalami insiden itu merupakan wahana taman laut milik SeaWorld San Diego, California. Insiden terjadi pada Senin (18/2) malam waktu setempat saat wilayah setempat diselimuti angin kencang yang membawa udara dingin.

Para penyelamat dari Departemen Penyelamat dan Pemadam Kebakaran San Diego (SDFR) menurunkan orang-orang yang terjebak, satu per satu dengan menggunakan tali dan harness.


Setelah diturunkan dengan tali, orang-orang itu dievakuasi ke atas kapal. Upaya penyelamatan ini dibantu para pekerja medis darurat yang menunggu di dermaga setempat. Mereka langsung melakukan pemeriksaan begitu orang-orang yang diselamatkan, dibawa ke dermaga.

Tidak ada korban luka dalam insiden ini. Namun media-media lokal melaporkan ada seorang bayi dan satu penyandang disabilitas yang ikut terjebak dalam insiden itu.

"Seluruh 16 orang yang terjebak di dalam wahana gondola-gondola dalam kondisi selamat dan sudah diturunkan," demikian pernyataan SDFR.

Dalam pernyataannya, juru bicara SeaWorld Entertainment Inc, David Koontz, menyatakan terputusnya arus listrik yang menggerakkan rangkaian kereta gantung itu disebabkan oleh 'hembusan angin signifikan yang luar biasa'.


Badan Prakiraan Cuaca Nasional (NWS) melaporkan bahwa angin dengan kecepatan 32 kilometer per jam yang berhembus dari dari arah utara, menyelimuti kawasan tersebut saat insiden terjadi pada Senin (18/2) malam waktu setempat. Suhu udara saat itu mencapai 40 derajat Fahrenheit atau 4 derajat Celsius.

Koontz menyatakan bahwa pihaknya terus berkomunikasi dengan orang-orang yang terjebak di dalam kereta gantung melalui sistem interkom yang terpasang. Ditambahkan Koontz bahwa setiap gondola dilengkapi dengan selimut darurat.

"Kami ingin memberikan tepuk tangan bagi Penyelamat dan Petugas Pemadam San Diego dan San Diego Lifeguards atas profesionalisme mereka dalam operasi evakuasi," ucap Koontz.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed