DetikNews
Kamis 14 Februari 2019, 15:28 WIB

Seorang WNI Tewas Diterkam Buaya di Malaysia Saat Berburu Kepiting

Rita Uli Hutapea - detikNews
Seorang WNI Tewas Diterkam Buaya di Malaysia Saat Berburu Kepiting Foto: ilustrasi buaya (AFP Photo/WILLIAM WEST)
Kuala Lumpur - Seorang pria Indonesia tewas diterkam seekor buaya di Malaysia. Peristiwa mengerikan itu disaksikan oleh keponakannya yang melihat bagaimana korban tenggelam di sungai saat diserang hewan tersebut.

Muh Tahir Majid Syam menghilang saat berburu kepiting bersama keponakannya di sebuah sungai di Sarawak pada Selasa (12/2). Mereka berburu di tempat terpisah meski masih berada di satu lokasi. Namun usai berburu kepiting, sang keponakan tak menemukan pamannya. Saat mencari-cari pamannya, keponakan pria itu tiba-tiba melihat kepala korban muncul di atas permukaan air sebelum kemudian tenggelam kembali.

"Keponakannya mencari-cari dia, dan kemudian dia melihat kepala pamannya di air sebelum ditarik kembali ke dalam sungai," kata wakil kepala kepolisian setempat, Mohamad Sabri Zainol kepada kantor berita AFP, Kamis (14/2/2019).


Jasad Syam dengan luka-luka bekas gigitan ditemukan pada Rabu (13/2) kemarin. Kepolisian setempat menyimpulkan TKI berumur 40 tahun itu tewas diterkam buaya air asin.

Kantor berita resmi Malaysia, Bernama melaporkan, korban merupakan pekerja migran di sebuah perkebunan kelapa sawit. Banyak WNI diketahui bekerja di sektor perkebunan tersebut.


Buaya air asin kerap terlihat di sepanjang sungai-sungai dan pantai-pantai di Sabah dan Sarawak. Serangkaian serangan hewan reptil yang panjangnya bisa mencapai 7 meter ini, dilaporkan terjadi di wilayah tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2017, otoritas di Sarawak mulai memberikan izin untuk memburu buaya guna mengurangi jumlah serangan buaya terhadap manusia.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed