Diserang Tetangga karena Sampah, Senator AS Dapat Ganti Rugi Rp 7,9 M

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 31 Jan 2019 20:05 WIB
Rand Paul (REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo)
Kentucky - Seorang Senator Amerika Serikat (AS) Rand Paul mendapat ganti rugi hingga US$ 580 ribu (Rp 7,9 miliar) setelah diserang tetangganya gara-gara masalah sampah daun di taman. Penyerangan itu membuat Paul mengalami patah tulang rusuk.

Seperti dilansir Reuters, Kamis, (31/1/2019), dalam kasus yang terjadi di Kentucky pada November 2017 lalu, Paul (56) diserang oleh tetangga sebelah rumahnya yang bernama Rene Boucher (60). Penyebabnya adalah sampah dari taman milik Paul yang masuk ke halaman rumah Boucher.

Setelah melihat Paul sengaja mengarahkan sampah dedaunan dengan alat pemotong rumput ke rumahnya, Boucher berlari mendatangi Paul dan men-tackle-nya hingga terjatuh ke tanah. Akibat serangan itu, enam tulang rusuk Paul patah dan dia mengalami pneumonia akibat luka-lukanya.


Dalam persidangan, Boucher mengaku bersalah telah menyerang Paul saat itu. Diakui Boucher bahwa dirinya kesal melihat perilaku Paul yang sengaja menumpuk sampah dedaunan di perbatasan rumah mereka.

Ditegaskan Boucher dalam sidang bahwa serangan terhadap Paul yang Senator Partai Republik itu tidak didasari motif politik.

Juri persidangan di Kentucky memutuskan Paul akan mendapat ganti rugi sebesar US$ 375 ribu sebagai kompensasi hukuman, US$ 200 ribu sebagai kompensasi rasa sakit ditambah US$ 7.834 sebagai kompensasi biaya medis.


Boucher sendiri telah menerima vonis 30 hari penjara pada Juni 2018 dan membayar denda sebesar US$ 10 ribu.

"Kita perlu memberikan pesan yang jelas bahwa kekerasan bukan jawaban -- kapan pun, di mana pun," tulis Paul via akun Twitternya usai putusan dibacakan pada Rabu (30/1) waktu setempat.

(nvc/bag)