DetikNews
Senin 14 Januari 2019, 13:58 WIB

Wali Kota Polandia Ditikam di Depan Ratusan Orang Saat Galang Dana

Rita Uli Hutapea - detikNews
Wali Kota Polandia Ditikam di Depan Ratusan Orang Saat Galang Dana Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Warsawa - Seorang pria bersenjata pisau tiba-tiba menikam seorang wali kota di Polandia di depan ratusan orang saat acara penggalangan dana. Wali kota tersebut saat ini dalam kondisi kritis usai menjalani operasi selama lima jam.

Rekaman video menunjukkan pelaku maju ke atas podium dan langsung menusuk Pawel Adamowicz (53) pada sebuah event yang berlangsung pada Minggu (13/1) malam waktu setempat. Pelaku menikam wali kota Gdansk tersebut berulang kali. Setelah itu, pelaku beralih ke kerumunan orang dengan kedua tangannya terangkat penuh kemenangan. Namun dia dengan cepat dilumpuhkan oleh para petugas keamanan dan ditangkap.




Paramedis sempat melakukan resusitasi pada Adamowicz di lokasi kejadian sebelum membawanya ke rumah sakit. Para dokter hari ini mengatakan, dia telah menjalani operasi namun dalam kondisi "sangat, sangat kritis".

Tomasz Stefaniak, ahli bedah yang menangani Adamowicz di rumah sakit universitas Gdansk, mengatakan bahwa wali kota itu mengalami luka serius di bagian jantung dan luka-luka sayatan di diafragma dan organ perut. "Beberapa jam ke depan akan menentukan," tuturnya.


Juru bicara kepolisian setempat mengatakan, pelaku adalah pria berumur 27 tahun yang tinggal di Gdansk, kota pantai Baltik dengan populasi sekitar setengah juta jiwa. Belum diketahui motif perbuatan pria tersebut. Menurut saksi mata kepada media lokal, TVN, pria itu terlihat senang dengan apa yang telah dilakukannya".

Adamowicz telah menjadi wali kota untuk kota Gdansk selama dua dekade. Saat penusukan terjadi, dia tengah berada di acara amal yang merupakan bagian dari upaya nasional untuk menggalang dana untuk pembelian peralatan medis.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed