detikNews
Selasa 18 Desember 2018, 14:31 WIB

Tak Peduli pada Rohingya, Penghargaan Untuk Suu Kyi Kembali Dicabut

Rita Uli Hutapea - detikNews
Tak Peduli pada Rohingya, Penghargaan Untuk Suu Kyi Kembali Dicabut Aung San Suu Kyi (Foto: AAP/Mick Tsikas/via REUTERS)
Seoul - Penghargaan untuk pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi kembali dicabut. Salah satu kelompok HAM terbesar di Korea Selatan (Korsel), May 18 Memorial Foundation, akan mencabut penghargaan yang diberikan kepada Suu Kyi pada tahun 2014 lalu. Pencabutan ini dikarenakan ketidakpeduliannya atas kekejaman terhadap warga minoritas Rohingya.

"Ketidakpeduliannya atas kekejaman terhadap Rohingya bertentangan dengan nilai-nilai yang dibela oleh penghargaan itu -- melindungi dan mempromosikan hak asasi manusia," kata Cho Jin-tae, juru bicara May 18 Memorial Foundation seperti dikutip kantor berita AFP, Selasa (18/12/2018).

Sebagai akibatnya, ujarnya, dewan yayasan tersebut pada Senin (17/12) memutuskan untuk mencabut penghargaan tersebut.




Pada tahun 2004 lalu, Suu Kyi tak bisa menerima langsung penghargaan HAM Gwangju tersebut karena dirinya berada dalam penahanan rumah oleh junta militer Myanmar.

Yayasan May 18 Memorial Foundation dibentuk pada tahun 1994 untuk memperingati perlawanan pro-demokrasi pada tahun 1980 di Gwangju, yang berakhir dengan pertumpahan darah oleh pasukan militer Korsel yang menyebabkan lebih dari 200 orang tewas atau terluka. Namun perlawanan terhadap diktator Chun Doo-hwan tersebut menginspirasi aksi protes pro-demokrasi yang berujung restorasi demokrasi selama tujuh tahun.




Bulan lalu, organisasi HAM terkemuka, Amnesty International juga menarik kembali penghargaan bergengsinya, Ambassador of Conscience Award dari Suu Kyi. Amnesty menyebut ketidakpedulian Suu Kyi atas kekejaman terhadap Rohingya sebagai penyebab dicabutnya penghargaan tersebut.



Saksikan juga video 'Amnesty International Cabut Penghargaan HAM Suu Kyi':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed