DetikNews
Selasa 20 November 2018, 17:36 WIB

Punya Bukti Rekaman Khashoggi, Turki Bantah Sadap Konsulat Saudi

Novi Christiastuti - detikNews
Punya Bukti Rekaman Khashoggi, Turki Bantah Sadap Konsulat Saudi Konsulat Saudi di Istanbul, Turki yang menjadi lokasi pembunuhan Jamal Khashoggi (Dok. REUTERS/Murad Sezer)
Ottawa - Otoritas Turki diketahui memiliki sejumlah bukti rekaman audio dalam kasus pembunuhan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi. Cara otoritas Turki mendapatkan rekaman-rekaman itu pun dipertanyakan.

Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar menegaskan, pihaknya tidak menyadap Konsulat Saudi untuk mendapatkan bukti-bukti rekaman itu.

"Konsulat (Saudi-red) tidak disadap," tegas Hulusi Akar kepada BBC Turk dan dilansir Hurriyet Daily News, Selasa (20/11/2018).

"Kami tidak bisa mengungkap sumber rekaman-rekaman audio itu," ucapnya dalam wawancara yang dilakukan di sela-sela kunjungan di Halifax, Kanada itu.


Saat ditanya lebih lanjut apakah menyadap konsulat asing menjadi praktik wajar di Turki, Hulusi Akar menertawakan klaim itu. "Tidak ada penyadapan," tegasnya lagi.

Ketika ditanya apakah Turki akan merilis bukti-bukti rekaman audio itu ke publik, Hulusi Akar menjawab: "Untuk saat ini, tidak."

"Tapi itu bergantung pada situasi, mengikuti perkembangan, di bawah kendali jaksa," imbuh Hulusi Akar.

Laporan kolumnis Hurriyet, Abdulkadir Selvi, pekan lalu mengungkapkan dua bukti rekaman audio yang menunjukkan tindak kekerasan yang dialami Khashoggi dan menunjukkan pembunuhan telah direncanakan tim Saudi sebelumnya.


Selvi menyebut bahwa bukti rekaman audio berdurasi 7 menit yang disebut sebagai rekaman pertama 'membuktikan bahwa Khashoggi dicekik dalam 7-8 menit'. Rekaman audio lainnya atau rekaman kedua yang berdurasi sekitar 15 menit, menunjukkan momen saat tim Saudi 'membahas cara bagaimana mengeksekusi mati Khashoggi'.

Selvi juga menyebut bahwa otoritas Turki memiliki sejumlah bukti tambahan lainnya, termasuk percakapan telepon dari tim Saudi itu.

Laporan media Turki lainnya, Haberturk, yang merilis kutipan dari rekaman-rekaman audio itu menunjukkan momen saat Khashoggi disergap tim Saudi sesaat setelah masuk ke Konsulat Saudi, kemudian terlibat pertengkaran yang berujung perkelahian disertai pemukulan dan penganiayaan.




Tonton juga 'Hasil Penyelidikan Khashoggi Diklaim 'Loloskan' Putra Mahkota':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed