DetikNews
Sabtu 17 November 2018, 03:21 WIB

Trump Akan Beri Penghargaan Medal of Freedom untuk Elvis Presley

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Trump Akan Beri Penghargaan Medal of Freedom untuk Elvis Presley Elvis Presley semasa hidup. Foto: Auto Guide
Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan menghelat upacara pemberian penghargaan Medal of Freedom atau 'Medali Kemerdekaan', salah satunya untuk musisi Elvis Presley. Ini adalah penghargaan tertinggi yang bisa diberikan Presiden AS untuk warga sipil.

Dikutip dari BBC, Sabtu (17/11/2018) Gedung Putih menyebut Elvis sebagai 'Ikon Amerika Abadi'. Selain Elvis, tokoh lain yang bakal mendapat penghargaan ini yakni legenda baseball Babe Ruth, mendiang Hakim Agung Antonin Scalia, pemain rugby NFL Roger Staubach dan Alan Page, pensiunan Senator Utah Orrin Hatch, serta filantropis Miriam Adelson.



Medal of Freedom mulai diberikan pada tahun 1963 oleh Presiden AS terdahulu John F Kennedy. Secara kultur penghargaan ini diberikan kepada warga sipil yang memiliki kontribusi prestasi bagi keamanan, kepentingan AS, perdamaian dunia atau upaya lainnya.

Namun bisa saja ada pengkhususan seseorang mendapatkan medali ini. Sosok terakhir yang menerima penghargaan ini di antaranya adalah ex Wapres AS Joe Biden dan mendiang Prof Stephen Hawking.

Raja Rock 'n Roll Elvis Presley kini jadi satu di antara tujuh orang yang pertama mendapatkan penghargaan ini di era kepemimpinan Trump. Upacara pemberian penghargaan bakal dihelat pada Jumat (16/11) waktu setempat.
(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed