DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 18:51 WIB

2 Nelayan Palestina Ditangkap Tentara Israel di Perairan Gaza

Novi Christiastuti - detikNews
2 Nelayan Palestina Ditangkap Tentara Israel di Perairan Gaza Ilustrasi (REUTERS/Mohamad Torokman)
Gaza City - Dua nelayan Palestina ditangkap oleh tentara Angkatan Laut Israel. Penahanan dilakukan saat dua nelayan itu melaut di pantai Gaza yang selama ini diblokade oleh Israel.

"Dua nelayan dijemput di pantai utara wilayah tersebut (Gaza-red)," tutur Kepala Serikat Nelayan Gaza, Nizar Ayyash, kepada kantor berita Turki, Anadolu Agency, Kamis (11/10/2018).

Belum ada komentar resmi dari otoritas Israel terkait penangkapan ini.


Namun disebutkan oleh Serikat Nelayan Gaza bahwa sedikitnya 50 ribu warga Gaza bergantung pada aktivitas mencari ikan di laut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Terlebih wilayah Gaza masih berada di bawah blokade Gaza, dengan suplai kebutuhan pokok sangat minim.

Meskipun setelah operasi militer Israel terhadap Gaza tahun 2014, blokade perairan Gaza sempat diperingan. Batasan area perairan yang boleh disambangi oleh nelayan Gaza sedikit diperluas secara bertahap.

Mulai tahun 2014, otoritas Israel memperbolehkan para nelayan Palestina untuk melaut di area perairan hingga berjarak 6 mil laut dari garis pantai Gaza. Sebelumnya batasannya ditetapkan hanya 3 mil laut dari garis pantai.


Kemudian pada Mei tahun ini, otoritas Israel kembali memperluas area perairan yang boleh didatangi nelayan Gaza menjadi 9 mil laut dari garis pantai.

Namun sayangnya sebulan kemudian, Israel kembali mempersempit ruang gerak nelayan Gaza. Batasan kembali diturunkan menjadi hanya 3 mil laut dari garis pantai. Langkah ini diambil Israel setelah para demonstran banyak mengerahkan layang-layang dan balong yang dipasangi objek terbakar api ke wilayah Israel.


(nvc/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed