Trump Sebut Raja Arab Saudi Tak Akan Bertahan Tanpa Dukungan AS

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 03 Okt 2018 14:39 WIB
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud (Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS)
Mississippi - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan pernyataan tidak diplomatis soal Arab Saudi, sekutu AS. Trump memperingatkan Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud bahwa dia tidak akan bisa berkuasa tanpa dukungan militer AS.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (3/10/2018), pernyataan itu disampaikan Trump di hadapan pendukungnya dalam kampanye di Southaven, Mississippi, AS, pada Selasa (2/10) waktu setempat.

"Kita melindungi Arab Saudi. Anda bisa mengatakan mereka kaya. Dan saya suka Rajanya, Raja Salman. Tapi saya katakan 'Raja -- kami melindungi Anda -- Anda mungkin tidak akan bertahan (berkuasa) selama dua pekan tanpa kami -- Anda harus membayar untuk militer Anda'," ucap Trump yang disambut sorakan pendukungnya.


Tidak disebut lebih lanjut oleh Trump soal kapan dirinya menyampaikan pernyataan seperti itu kepada Raja Salman.

Meski Trump melontarkan kata-kata kasar, pemerintahannya sebenarnya memiliki hubungan dekat dengan Saudi. AS memandang Saudi sebagai 'benteng' terhadap ambisi Iran di kawasan Timur Tengah.

Setelah pelantikan dirinya sebagai Presiden AS tahun lalu, Trump memilih Saudi sebagai negara pertama yang dikunjungi.


Diberitakan kantor berita Saudi, Saudi Press Agency (SPA), Trump menelepon Raja Salman pada Sabtu (29/9) lalu, guna membahas upaya-upaya untuk mempertahankan suplai demi menjaga stabilitas pasar minyak dan pertumbuhan ekonomi global.

Diketahui bahwa Saudi merupakan eksportir top minyak dunia dan pemimpin de facto OPEC. Beberapa waktu lalu, Trump mengkritik negara-negara anggota OPEC terkait tingginya harga minyak dunia.

"Kita membela banyak negara ini bukan untuk apa-apa, dan kemudian mereka memanfaatkan kita dengan memberikan harga minyak yang tinggi. Tidak bagus. Kita ingin mereka berhenti menaikkan harga, kita ingin mereka mulai menurunkan harga," ucap Trump saat berbicara di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, bulan lalu.




Tonton juga 'Saat Trump Nyatakan Cinta ke Kim Jong Un':

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)