DetikNews
Jumat 21 September 2018, 16:13 WIB

Bakar Apartemen Majikan, Pengasuh Anak di China Dieksekusi Mati

Rita Uli Hutapea - detikNews
Bakar Apartemen Majikan, Pengasuh Anak di China Dieksekusi Mati Foto: Thinkstock
Beijing - Seorang pengasuh anak di China dieksekusi mati hari ini karena membakar apartemen majikannya pada tahun 2017. Empat orang tewas dalam kebakaran itu, termasuk tiga anak-anak.

Mo Huanjing yang gemar berjudi, telah dinyatakan bersalah atas aksi pembakaran yang menewaskan majikan perempuannya beserta tiga anaknya pada Juni 2017 di kota Hangzhou, China timur.

Eksekusi mati perempuan berumur 35 tahun itu dilaksanakan setelah mendapat persetujuan Mahkamah Agung China. Demikian disampaikan kantor kejaksaan provinsi Zhejiang.




"Iblis Mo Huanjing akhirnya dieksekusi," ujar Lin Shengbin, ayah dari ketiga anak yang tewas tersebut, dalam postingan di Weibo, media sosial mirip Twitter di China.

"Kami telah menunggu terlalu lama untuk hari ini," tulis pria berumur 37 tahun tersebut seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (21/9/2018). Saat kejadian tragis itu, Lin tidak sedang berada di rumah.

"Ini langkah kenyamanan untuk jiwa Xiaozhen (istri Lin) dan anak-anak di surga," imbuhnya.


Kasus ini menimbulkan kegemparan di China karena latar belakangnya yang tragis dan adanya laporan kelambanan dalam respons para petugas pemadam kebakaran.

Mo diduga sebagai penjudi berat yang mencuri perhiasan dan meminjam uang dari keluarga Lin seiring utang-utangnya menumpuk. Pengadilan Zhejiang menyatakan, barang-barang dan uang milik keluarga Lin senilai lebih dari 300 ribu yuan telah hilang.

Di pengadilan terungkap, Mo mengaku membakar ruang tamu keluarga tersebut yang berada di lantai 18 sebuah apartemen. Dia sebenarnya berencana untuk memadamkan kobaran api supaya dianggap sebagai pahlawan, dan akan meminta imbalan uang dari majikannya. Namun kobaran api membesar tak terkendali hingga Mo pun lari menyelamatkan diri. Dia meninggalkan istri Lin, Zhu Xiaozhen (34) dan tiga anaknya yang berumur 6 tahun, 9 tahun dan 11 tahun. Mereka semua tewas akibat sesak napas karena menghirup asap.



Tonton juga 'Setop Drama, Berikut Tips Mencari Pengasuh Anak':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed