DetikNews
Minggu 16 September 2018, 17:44 WIB

Erdogan Tunjuk Diri Sendiri Jadi Kepala Badan Pendanaan Turki

Rina Atriana - detikNews
Erdogan Tunjuk Diri Sendiri Jadi Kepala Badan Pendanaan Turki Erdogan (Foto: Reuters)
Ankara - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menunjuk diri sendiri menjadi kepala Badan Pendanaan Turki. Badan pendanaan itu bernilai sekitar US$ 40 juta atau sekitar Rp 592 miliar.

Dikutip dari media Jerman DW, Minggu (16/9/2018), badan pendanaan tersebut memiliki hampir setengah aset Turkish Airlines dan saham-saham perusahaan besar lainnya di Turki.

Dana yang tersedia di badan tersebut dianggarkan untuk dana pensiun dan sistem kesejahteraan di saat terjadi krisis, serta bisa juga untuk membiayai proyek-proyek besar.


Belum lama ini, Erdogan memberhentikan kepala Badan Pendanaan Turki Mehmet Bostan. Bostan diberhentikan dengan alasan kinerja yang tak memenuhi target.

"Kami telah memutuskan bahwa hal-hal tersebut tidak bisa terus diurus seperti ini," tutur Erdogan

Kepala Bursa Efek Istanbul, Himmet Karadag, ditunjuk Erdogan sebagai kepala penjabat badan pendanaan. Serta Menteri Keuangan Berat Albayrak sebagai Wakil Kepala di mana putrinya merupakan menantu Erdogan.


Sejak memenangkan pemilu Juni 2018 lalu, Erdogan memang terkesan telah memperluas kekuasaan presiden. Langkah Erdogan menunjuk diri sendiri mengundang reaksi keras pihak opisisi dan menganggap Erdogan ingin menguasai negara.

Penunjukkan Erdogan ini juga ramai dibahas di media sosial. Akun Twitter Davor Kunc mengunggah foto surat penunjukkan Erdogan tersebut di mana ada 4 tanda tangan Erdogan di atasnya.

Tweet yang diunggah Sabtu (15/9) kemarin telah di-retweet lebih dari 6.000 kali dan dikomentari hampir 300 komentar.

(rna/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed