Kedubes AS di Turki Ditembaki, Pelakunya Berhasil Kabur

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 20 Agu 2018 12:40 WIB
Foto dokumentasi Kedubes AS di Ankara (REUTERS/Umit Bektas/File Photo)
Ankara - Sejumlah tembakan dilepaskan ke arah Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Ankara, Turki. Tembakan itu mengenai salah satu kaca jendela di pos keamanan Kedubes AS. Mujur, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Dilaporkan CNN Turk dan dilansir Reuters, Senin (20/8/2018), tembakan itu dilepaskan dari sebuah kendaraan yang melintas di dekat Kedubes AS di Ankara. Insiden ini terjadi pada Senin (20/8) pagi, sekitar pukul 05.00 waktu setempat.

CNN Turk melaporkan bahwa sedikitnya empat tembakan dilepaskan ke arah gerbang depan, tepatnya Gate 6, pada kompleks Kedubes AS di Ankara. Tembakan-tembakan itu mengenai salah satu jendela pos keamanan.


Kepada Reuters, kepolisian setempat memastikan tidak ada korban luka maupun korban tewas dalam insiden ini.

Pelaku langsung melarikan diri usai melepas tembakan. Nomor polisi kendaraan yang dikendarai pelaku tidak tercatat. Namun tim kepolisian setempat terus memburu pelaku yang kabur dengan sebuah mobil warna putih.

Motif di balik penembakan ini tidak diketahui pasti. Laporan media-media lokal menyebut pelaku sengaja menargetkan pos keamanan di kedutaan.


Insiden ini kebetulan terjadi saat semakin buruknya hubungan antara AS dan Turki terkait penahanan pendeta AS, Andrew Brunson, di Turki. Pemerintah AS berulang kali menyerukan kepada Turki untuk membebaskan Brunson. Seruan itu tidak digubris Turki.

Saat insiden ini terjadi, Kedubes AS di Ankara dijadwalkan tutup sepanjang pekan ini karena adanya hari libur Idul Adha.



Tonton juga video: 'Panas dengan AS, Turki Dekati Rusia'

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)