DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 12:04 WIB

Jet Tempur Inggris Cegat Pesawat Pengebom Rusia di Laut Hitam

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jet Tempur Inggris Cegat Pesawat Pengebom Rusia di Laut Hitam Foto: AFP
London - Jet-jet tempur Angkatan Udara Inggris dikerahkan untuk mencegat pesawat-pesawat pengebom Rusia yang terbang di atas Laut Hitam di Eropa Timur. Jet-jet tempur Inggris tersebut merupakan bagian dari misi NATO di Rumania.

Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) menyatakan, jet-jet tempur Eurofighter Typhoon miliknya dikerahkan dari pangkalan mereka di Rumania untuk memaksa pesawat-pesawat pengebom Rusia, Su-24 Fencer meninggalkan wilayah udara di atas Laut Hitam.




RAF menyatakan dalam sebuah statemen seperti dilansir Press TV, Kamis (16/8/2018), operasi beberapa hari lalu tersebut dimulai setelah pesawat-pesawat militer Rusia itu terbang di dekat wilayah udara NATO dan melakukan "aktivitas udara yang signifikan sepanjang malam."

Dalam statemen tersebut, RAF menyatakan, pesawat-pesawat Rusia akhirnya mengarah menuju Crimea, semenanjung di Laut Hitam, yang telah menjadi pusat sengketa antara Rusia dan NATO sejak Crimea terlepas dari Ukraina dan bergabung ke Rusia, empat tahun silam.

RAF menyatakan, operasi tersebut sesuai dengan"NATO Enhanced Air Policing", misi yang merupakan bagian dari pengerahan lebih luas NATO di negara-negara sebelah barat Rusia untuk menangkal dugaan meluasnya aktivitas militer Rusia. Pemerintah Rusia telah membantah dugaan tersebut dan menuding NATO mengancam keamanan perbatasannya.




Inggris menempatkan empat jet tempur RAF Typhoons di pangkalan udara Mihail Kogalniceanu, di dekat Constanta, di sebelah tenggara Rumania. Amerika Serikat yang memimpin misi NATO di wilayah tersebut, menempatkan ratusan tentaranya di pangkalan udara tersebut. Selain itu, AS juga menempatkan empat jet tempurnya, F-15C Eagles di Bulgaria, negara tetangga Rumania.

Sebelumnya pada akhir Juli lalu, dua jet tempur Typhoon Inggris dikerahkan dari Kogalniceanu untuk mencegat sebuah pesawat Rusia yang diduga terbang di dekat wilayah udara NATO. Jet-jet tempur RAF juga dikerahkan untuk mencegat sebuah pesawat perang Rusia yang mendekati wilayah udara NATO pada Mei lalu. Sebelumnya, insiden serupa juga terjadi pada Januari lalu.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed