DetikNews
Sabtu 04 Agustus 2018, 13:45 WIB

Berlayar Sendirian, Pria AS Terdampar di Pantai Timur Jauh Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Berlayar Sendirian, Pria AS Terdampar di Pantai Timur Jauh Rusia Ilustrasi (REUTERS/Mike Segar)
Moskow - Seorang warga Amerika Serikat (AS) dicegat otoritas Rusia saat berlayar seorang diri dari Alaska. Warga AS ini ditemukan oleh penjaga perbatasan Rusia terdampar di wilayah terpencil Chukotka, dekat Laut Bering.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (4/8/2018), yang mengutip media-media lokal Rusia bahwa seorang warga AS yang tidak diungkap identitasnya itu dicegat penjaga perbatasan Rusia di dekat desa pantai Lavrentiya, Chutkotka. Wilayah itu dipisahkan oleh Laut Bering dengan Alaska, yang masuk wilayah AS.


Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengidentifikasi pria AS itu berusia 46 tahun dan berasal dari Anchorage, Alaska.

"Namanya John Martin William III, dia telah dibawa ke desa Lavrentiya," sebut Zakharova dalam konferensi pers.

"Tampaknya dia berlayar di Sungai Yukon, Alaska, dengan kapal pribadi one-man miliknya," imbuhnya.

"Sekitar dua pekan lalu, dia memutuskan untuk pergi ke lautan terbuka dan karena kondisi meteorologi yang sulit dan kurangnya sistem navigasi, dia terombang-ambing selama beberapa hari di lautan terbuka dan begitulah dia berakhir di daratan Rusia," terang Zakharova.


Ditambahkan Zakharova, Konsulat AS di kota Vladivostok telah diberitahu soal insiden ini. Otoritas setempat berencana membawa pria AS itu Anadyr, ibu kota wilayah Chukotka dan kota paling timur di Rusia.

Zakharova memastikan warga AS itu dalam 'kondisi memuaskan'. "Semuanya baik-baik saja dengannya dan akan lebih baik," tandasnya.



Tonton juga video: 'Pakai Heli, Begini Aksi Penyelamatan Pemain Ski yang Terdampar'

[Gambas:Video 20detik]



Berlayar Sendirian, Pria AS Terdampar di Pantai Timur Jauh Rusia

(nvc/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed