Pacu, Ikan Kerabat Piranha yang Bergigi Mirip Manusia

Rina Atriana - detikNews
Kamis, 26 Jul 2018 12:40 WIB
Ikan dengan gigi mirip gigi manusia (Foto: Dok. Facebook Oklahoma Game Wardens)
California - Seorang remaja di Oklahoma, Amerika Serikat, menangkap ikan bergigi mirip manusia dan menjadi viral. Rupanya ikan serupa pernah ditangkap 2 tahun lalu oleh seorang nelayan di Petaluma, California.

Dikutip dari CBS San Fransisco, Kamis (26/7/2018), nelayan bernama Juan Gallo menangkap seekor ikan bergigi mirip manusia di kolam Taman Lucchesi, Petaluma, California. Ikan itu kemudian diserahkan ke Departemen Konservasi Margasatwa California.

Ikan tersebut diketahui sebagai ikan pacu. Pacu merupakan ikan air tawar yang biasanya ditemukan di Sungai Amazon atau saluran air di Amerika Selatan.


Pacu masih 'kerabat' dengan ikan piranha. Mungkin ikan ini ditemukan di beberapa toko ikan di AS, tapi sebetulnya penjualan itu ilegal dilakukan.

Departemen Konservasi Margasatwa Oklahoma menjelaskan, pacu berbeda dengan piranha. Pacu memakan bahan tanaman tetapi tetap dianggap omnivora. Ukuran pacu bisa mencapai 3,5 kaki (1 meter) dan 88 pon (39 kg).

Baru-baru ini seorang remaja asal Oklahoma menangkap seekor ikan pacu saat memancing di kawasan Danau Fort Cobb.


Remaja bernama Kennedy Smith (11) itu menemukan ikan aneh itu pada saat memancing di akhir pekan lalu. Dia memancing bersama saudara laki-laki juga kakek dan neneknya.

Pengalaman Smith diunggah ke Facebook Departemen Konservasi Margasatwa Oklahoma pada Selasa (24/7) lalu. Postingan tersebut telah dikomentari lebih dari 1.400 kali dan dibagikan lebih dari 5.000 kali. (rna/van)