DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 18:21 WIB

Disidang, Harun Yahya Bantah Dakwaan dan Sebut Dirinya Korban

Novi Christiastuti - detikNews
Disidang, Harun Yahya Bantah Dakwaan dan Sebut Dirinya Korban Adnan Oktar alias Harun Yahya (hurriyetdailynews.com)
FOKUS BERITA: Harun Yahya Ditangkap
Istanbul - Penulis ternama Turki, Adnan Oktar alias Harun Yahya mulai disidang pada Kamis (19/7) ini. Dalam sidang perdana, Oktar membantah seluruh dakwaan dan menyatakan dirinya tak bersalah.

Seperti dilansir media lokal Turki, Hurriyet Daily News, Kamis (19/7/2018), dalam testimoni di pengadilan Istanbul, Oktar mengklaim sebagai korban 'sebuah plot' dan menyebut dirinya 'sosok nasionalis dan Ataturkist'. Komentar terakhir merujuk pada bapak bangsa Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

"Saya hidup dalam sorotan publik. Semua orang mengenal saya karena saya hidup di antara orang-orang dan di TV. Semua tempat yang pernah saya datangi banyak diketahui," sebut Oktar yang juga dikenal sebagai televangelist ini.


Dalam pernyataannya, Oktar juga menyangkal dirinya merupakan 'pemimpin organisasi'. Dia juga menyangkal dakwaan pemerkosaan dan pelecehan seksual yang dijeratkan kepadanya.

Melalui persidangan ini, seperti dilaporkan kantor berita Anadolu Agency, Oktar bersama lebih dari 160 orang yang disebut pengikutnya resmi ditahan oleh pengadilan Istanbul atas rentetan tindak pidana. Sejumlah pengikut lainnya masih diinterogasi polisi.

Oktar ditangkap di kediamannya di Istanbul pada 11 Juli lalu. Dia telah sejak lama diincar oleh Departemen Pemberantasan Kejahatan Finansial Kepolisian Istanbul. Sekitar 190 orang lainnya yang disebut sebagai pengikut Oktar, juga ikut ditahan dalam sejumlah penggerebekan.


Kepolisian Turki masih memburu sekitar 45 orang lainnya, yang nama-namanya masuk dalam surat perintah penangkapan.

Oktar dan para pengikutnya dijerat banyak dakwaan pidana oleh otoritas Turki, mulai dari membentuk geng kriminal, melakukan penipuan, pengemplangan pajak hingga serangan seksual.

Sebelum ditahan, Oktar yang memiliki stasiun televisi sendiri bernama A9, kerap tampil dalam acara yang membahas isu religius dan sosial, yang dipadukan dengan penampilan wanita-wanita muda yang dipanggilnya 'kittens'. Puluhan 'kittens' masuk dalam daftar yang ditangkap polisi Turki.


(nvc/ita)
FOKUS BERITA: Harun Yahya Ditangkap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed