DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 19:21 WIB

Temui Publik, Remaja yang Selamat dari Gua Thailand: Ini Keajaiban

Novi Christiastuti - detikNews
Temui Publik, Remaja yang Selamat dari Gua Thailand: Ini Keajaiban 12 remaja dan pelatihnya yang diselamatkan dari gua Thailand saat muncul ke publik pertama kali (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Bangkok - Untuk pertama kalinya, 12 remaja dan pelatih sepakbola yang diselamatkan dari gua Thailand muncul di depan publik. Mereka menyebut momen saat mereka ditemukan pertama kali oleh penyelam asal Inggris sebagai 'keajaiban'.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Rabu (18/7/2018), 12 remaja dan pelatihnya itu menebar senyum dan memberikan salam tradisional khas Thailand kepada orang-orang yang mereka temui saat menghadiri konferensi pers pertama mereka di Chiang Rai.

Sejumlah dokter, kerabat juga teman-teman mereka tampak menyapa saat mereka tiba di lokasi konferensi pers. Mereka kompak memakai kaos seragam bergambar beruang liar yang sesuai nama klub sepakbola mereka 'Wild Boar'.


Tonton juga video: 'Akhirnya, Remaja yang Terjebak di Gua Thailand Pulang ke Rumah'

[Gambas:Video 20detik]


Spanduk berbunyi 'Bawa pulang Wild Boar' tampak terpasang di lokasi konferensi pers yang dirancang mirip lapangan sepak bola mini, lengkap dengan gawang dan jaringnya. Pertanyaan yang diajukan kepada para remaja dan pelatihnya ini telah didaftarkan sebelumnya oleh para wartawan.

Mereka semua berhasil diselamatkan setelah sekitar 18 hari terperangkap di gua Tham Luang, Chiang Rai. Yang menakjubkan, momen saat mereka baru ditemukan tim penyelam Inggris setelah 9 hari terperangkap di gua, mengundang kekaguman banyak orang.

"Itu sebuah keajaiban," sebut salah satu remaja yang bernama Adul Sam-on (14) mengenang momen itu.

12 remaja yang diselamatkan dari gua Thailand menebar senyum dan melambaikan tangan saat menemui publik untuk pertama kali12 remaja yang diselamatkan dari gua Thailand menebar senyum dan melambaikan tangan saat menemui publik untuk pertama kali Foto: REUTERS/Soe Zeya Tun

Adul Sam-On merupakan remaja yang pertama menyapa para penyelam Inggris itu dengan bahasa Inggris. Dituturkannya, seperti dilansir CNN, bahwa saat itu mereka sibuk menggali di dalam gua, untuk mencari jalan keluar, ketika dirinya mendengar suara orang berbicara. Sang pelatih kemudian meminta semua tenang. Pada saat itulah mereka menyadari ada orang lain yang mendekati posisi mereka.

Ketika para penyelam muncul ke permukaan, Adul Sam-On menyebut dirinya sangat terkejut. Hal yang bisa dia pikirkan adalah berkata 'hello'.

Sejumlah laporan media menyebut mereka sempat membawa makanan ke dalam gua. Namun dalam konferensi pers ini, sang pelatih Ekkapol Ake Chanthawong menyebut dirinya dan 12 remaja itu sama sekali tidak membawa makanan ke dalam gua. Satu remaja lainnya menyebut mereka hanya minum air yang menetes dari bebatuan (stalaktit) di atap gua, selama 9 hari sebelum ditemukan.


Ketika menyadari terperangkap dalam gua yang dilanda banjir, ketakutan tentu menyelimuti remaja-remaja itu. "Saya takut saya tidak bisa pulang ke rumah, saya akan dimarahi ibu saya," ucap salah satu remaja itu.

Bersama pelatih mereka, 12 remaja itu masuk gua Tham Luang pada 23 Juni usai latihan sepak bola. Mereka menyebut saat itu belum pernah masuk ke gua tersebut dan penasaran ingin tahu apa yang ada di dalam. Mereka tadinya hanya berniat satu jam bermain di dalam, namun akhirnya terjebak berminggu-minggu.

Sejak diselamatkan pada 8-10 Juli lalu, mereka menjalani karantina dan perawatan medis di rumah sakit Chiang Rai Prachanukroh. Dituturkan direktur rumah sakit tempat mereka dirawat, bahwa remaja-remaja itu naik berat badan hingga 3 kilogram sejak diselamatkan. Pada Selasa (17/7) malam sebelum konferensi pers, mereka mengikuti latihan membangun kepercayaan diri.


Temui Publik, Remaja yang Selamat dari Gua Thailand: Ini Keajaiban

(nvc/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed