DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 18:51 WIB

Bunuh Macan Tutul dengan Keji, 2 Pria Ditangkap di Sri Lanka

Novi Christiastuti - detikNews
Bunuh Macan Tutul dengan Keji, 2 Pria Ditangkap di Sri Lanka Ilustrasi (AFP PHOTO)
Kolombo - Polisi Sri Lanka menangkap dua orang pria yang dituduh membunuh seekor macan tutul dalam serangan 'memuakkan'. Aksi kedua pria itu memukuli si macan tutul hingga mati terekam video dan memicu kecaman.

Seperti dilansir AFP, Senin (25/6/2018), dua pria yang tidak disebut identitasnya itu didakwa membunuh seekor macan tutul pada Kamis (21/6) pekan lalu. Macan tutul itu dibunuh setelah menyerang belasan orang di sebuah desa yang berjarak 330 kilometer sebelah utara ibu kota Kolombo.


Gambar-gambar mengerikan saat si macan tutul dipukuli hingga mati, disebarkan ke media sosial hingga membuat orang-orang merasa jijik. Macan tutul tergolong sebagai spesies dilindungi di Sri Lanka.

"Sungguh memuakkan untuk melihat gambar-gambar ini," ucap Wakil Menteri Satwa Liar, Palitha Thewarapperuma, kepada parlemen Sri Lanka.

Thewarapperuma menjanjikan langkah segera untuk menangkap para pelaku. Polisi sejauh ini baru menangkap dua pria terkait kasus ini. Penyelidikan masih berlanjut dan polisi disebut masih melakukan pihak-pihak lain yang dianggap ikut bertanggung jawab.

"Kita memiliki dua tersangka utama di dalam tahanan, tapi kita masih mencari 10 orang lainnya yang membantu pembunuhan," sebut juru bicara Kepolisian Sri Lanka.


Macan tutul asal Sri Lanka masuk dalam daftar International Union of Conservation of Nature (IUCN) untuk hewan langka dan rawan punah.

Melakukan kekerasan terhadap macan tutul di Sri Lanka bisa terancam hukuman maksimum lima tahun penjara. Populasi liar macan tutul di negara itu diperkirakan ada di bawah 1.000 ekor.


(nvc/dha)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed