DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 05:00 WIB

Capres Turki Muharrem Ince Janji Pulangkan 4 Juta Warga Suriah

Andhika Prasetia - detikNews
Capres Turki Muharrem Ince Janji Pulangkan 4 Juta Warga Suriah Capres Turki Muharrem Ince. (Foto: REUTERS/Stoyan Nenov)
FOKUS BERITA: Erdogan Menang
Ankara - Salah satu capres Turki penantang petahana Recep Tayyip Erdoğan yakni Muharrem Ince berasal dari kalangan oposisi. Ince berjanji mengembalikan 4 juta warga Suriah ke tempat tinggalnya.

Seperti dilansir media lokal, Anadolu Agency, Sabtu (23/6/2018), janji tersebut disampaikan saat Ince kampanye di Ankara. Ince akan mengembalikan 4 juta warga Suriah dengan menerapkan kebijakan perdamaian di kawasan itu dalam 100 hari pertamanya menjabat sebagai presiden.


"Pada periode baru, selama masa kepresidenan Muharrem Ince, inilah yang akan terjadi, kami tidak akan mendiskriminasikan siapa pun, kami tidak akan menyukai siapa pun, dan kami tidak akan membuang-buang uang negara," ujar Ince.

Ince juga menyatakan komitmennya berpihak kepada pengusaha. Ia akan mendirikan kementerian baru di Turki.

"Saya akan mendirikan Kementerian Perindustrian dan Kewirausahaan," ujar Ince.


Selain itu, Ince berjanji meningkatkan kualitas pendidikan. Anak-anak akan menerima pendidikan yang lebih baik seperti bahasa asing dan akan dikirim ke luar negeri untuk menempuh studi tambahan.

"Sekolah kami tidak akan dibagi menjadi berkualitas dan tidak memenuhi syarat. Kami akan menurunkan tingkat pengangguran hingga di bawah 5 persen," terang Ince.

Pilpres Turki akan digelar hari Minggu (24/6). Menurut Anadolu Agency, ada 56.322.632 pemilih terdaftar dalam pemilu Turki tahun ini. Sebanyak 180.065 kotak suara telah disebar ke berbagai wilayah Turki. Pemungutan suara akan dimulai pada Minggu (24/6) pagi, sekitar pukul 09.00 waktu setempat hingga pukul 17.00 waktu setempat.


Lima capres yang menjadi penantang Erdogan adalah anggota parlemen Muharrem Ince (54) dari Partai Rakyat Republik (CHP), satu-satunya kandidat wanita dan mantan Menteri Dalam Negeri Meral Aksener (61) dari Partai Good (IYI), Selahattin Demirtas (45) dari Partai Demokratik Rakyat (HDP), Dogu Perincek (76) dari Partai Patriotik (Vatan) dan Temel Karamollaoglu (77) dari Partai Felicity (Saadet).



Tonton juga 'Momen Akrab Putin, Erdogan, dan Presiden Iran':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/dkp)
FOKUS BERITA: Erdogan Menang
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed