DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 11:08 WIB

Kata Najib Soal Jho Low yang Sama-sama Terjerat Skandal 1MDB

Novi Christiastuti - detikNews
Kata Najib Soal Jho Low yang Sama-sama Terjerat Skandal 1MDB Najib Razak dalam wawancara eksklusif dengan Reuters (REUTERS/Edgar Su)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kuala Lumpur - Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak, untuk pertama kalinya berkomentar soal sosok miliarder Low Taek Jho alias Jho Low, yang juga terseret skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Apa kata Najib?

Otoritas Malaysia telah merilis surat perintah penangkapan untuk Jho Low terkait penyelidikan skandal 1MDB. Para penyidik Malaysia menyebut Jho Low sebagai sosok kunci yang mendapat keuntungan dari dana 1MDB yang diselewengkan. Keberadaan Jho Low masih misterius hingga kini. Selama ini disebut-sebut bahwa Jho Low dekat dengan Najib.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (21/6/2018), komentar Najib soal Jho Low ini disampaikan dalam wawancara eksklusif dengan Reuters. Wawancara dilakukan di Langkawi, Malaysia, saat Najib dan keluarga berlibur ke sana.


Dituturkan Najib bahwa Jho Low tidak bekerja untuk dirinya. Najib juga menyatakan dirinya tidak bisa mengendalikan tindakan-tindakan Jho Low.

"Kita tidak punya kendali atas apa yang dia (Jho Low-red) lakukan. Saya tidak bisa memberi penilaian. Tapi ada hal-hal tertentu yang mungkin telah dia lakukan atau tidak dia lakukan. Tapi saya bisa mengatakan bahwa penyelidikan harus berlanjut dan jika siapa saja dinyatakan bersalah melanggar hukum, biarkan proses hukum mengambil jalannya," tuturnya.

"Tidak, dia tidak bekerja mewakili saya. Semua barang-barang itu tidak pernah atas nama saya, tapi dia pernah mengatakan dia bertindak untuk seseorang," sebut Najib.

Ketika ditanya lebih lanjut siapa sosok yang dimaksud, Najib hanya menyatakan: "Anda harus menanyakan itu padanya (Jho Low-red)."


Namun Najib menyatakan dirinya pernah merasa bahwa koneksi yang dimiliki Jho Low di Timur Tengah, khususnya dengan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, akan bisa membantu menarik lebih banyak investasi ke Malaysia dari kawasan itu. Lebih lanjut, Najib menegaskan dirinya tidak pernah memberikan instruksi kepada Jho Low untuk terlibat dalam 1MDB.

"Saya tidak memberikan instruksi kepadanya, tapi dia menawarkan untuk melakukan hal-hal tertentu, yang dia pikir akan membantu 1MDB. Tapi apapun yang dia lakukan sebenarnya merupakan tanggung jawab manajemen dan dewan direksi," kata Najib soal Jho Low.

Najib menjelaskan bahwa putra tirinya, Riza Aziz, yang seorang produser film Hollywood memang berteman dengan Jho Low.


Namun diklaim oleh Najib bahwa dirinya tidak tahu-menahu soal kesepakatan-kesepakatan yang melibatkan dana 1MDB pada perusahaan produksi Hollywood milik putra tirinya, yang pernah memproduksi film ternama 'The Wolf of Wall Street'.

Saat ditanya apakah dirinya masih berkomunikasi dengan Jho Low, Najib menjawab: "Kami telah berhenti berkomunikasi lagi. Saya tidak tahu di mana dia."


(nvc/ita)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed