detikNews
Selasa 05 Juni 2018, 03:35 WIB

Dibolehkan Nyetir, Wanita Arab Saudi Resmi Dapat SIM

Andhika Prasetia - detikNews
Dibolehkan Nyetir, Wanita Arab Saudi Resmi Dapat SIM Wanita di Arab Saudi resmi mendapat SIM untuk menyetir (Foto: Reuters/File)
Riyadh - Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan surat izin mengemudi (SIM) untuk para wanita di sana. Hal ini sebagai wujud aturan yang memperbolehkan mereka menyetir mobil.

"Kelompok wanita pertama hari ini menerima lisensi mengemudi Saudi mereka," kata kantor berita Saudi seperti dilansir AFP, Selasa (5/6/2018).

Arab Saudi bersiap untuk mencabut larangan menyetir bagi wanita per tanggal 24 Juni. Pihak berwenang mulai menukar lisensi internasional untuk orang-orang Saudi di beberapa lokasi di seluruh kerajaan.


"Direktorat umum lalu lintas mulai menggantikan lisensi mengemudi internasional yang diakui di kerajaan dengan lisensi Saudi," imbuhnya.

Langkah ini adalah bagian dari upaya liberalisasi dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman ketika ia berusaha untuk memodernisasi negara petro-konservatif tersebut.

Pencabutan larangan berkemudi bagi perempuan di Arab Saudi membawa angin segar dan mendapat sambutan baik. Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat di Washington DC menyambut baik perkembangan ini dengan menyebutnya sebagai 'langkah ke arah yang benar'.

Perintah yang mulai diberlakukan mulai Juni 2018 dikeluarkan setelah kaum perempuan dan para pegiat hak asasi manusia mengajukan keberatan sela.


Simak video wanita Arab Saudi belajar menyetir

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com