DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 14:54 WIB

8 Kali Coba Taklukkan Gunung Everest, Pendaki Jepang Meninggal

Rita Uli Hutapea - detikNews
8 Kali Coba Taklukkan Gunung Everest, Pendaki Jepang Meninggal Nobukazu Kuriki (Foto: thehimalayantimes.com)
Kathmandu - Seorang pendaki asal Jepang, meninggal hari ini dalam upayanya untuk menaklukkan puncak Gunung Everest. Ini merupakan upayanya yang ke-8 kali untuk menaklukkan puncak tertinggi di dunia tersebut.

Nobukazu Kuriki (36) ditemukan meninggal saat tidur di sebuah tenda di Kamp 2 pada ketinggian 7.400 meter di Gunung Everest. Demikian disampaikan pejabat departemen pariwisata Gyanendra Shrestha dari Base Camp. Ketinggian Gunung Everest mencapai 8.850 meter.



"Para sherpa menemukan jasadnya di dalam tenda," ujar Shrestha seperti dikutip kantor berita Reuters, Senin (21/5/2018). Dikatakannya, saat ini tengah berlangsung upaya untuk mengangkat jasadnya dari atas pegunungan.

Sherpa adalah suku di pegunungan Himalaya, yang menjadi tulang punggung pendakian di Himalaya.

Shrestha mengatakan, detail peristiwa kematian Kuriki belum jelas karena buruknya jalur komunikasi dengan kamp di atas gunung.



Sebelum ini, Kuriki tercatat telah mencoba sebanyak 7 kali untuk mencapai puncak Everest, namun selalu gagal. Pada tahun 2012, pria Jepang itu tinggal selama dua hari dalam sebuah lubang salju di ketinggian 8.230 meter di Everest, dengan suhu udara di bawah minus 20 derajat Celsius. Akibat serangan cuaca dingin saat itu, dia harus merelakan 9 jari-jari tangannya untuk diamputasi.

Sebelumnya, pendaki asal Macedonia, Gjeorgi Petkov meninggal pada akhir pekan lalu saat mendaki Everest. Tidak disebutkan penyebab kematian pria berumur 63 tahun itu.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed