DetikNews
Rabu 16 Mei 2018, 14:30 WIB

Anwar Ibrahim Nyatakan Dukungan Penuh untuk PM Mahathir

Novi Christiastuti - detikNews
Anwar Ibrahim Nyatakan Dukungan Penuh untuk PM Mahathir Anwar Ibrahim dalam konferensi pers usai bebas dari penjara (REUTERS/Lai Seng Sin)
FOKUS BERITA: Kabinet Mahathir
Kuala Lumpur - Tokoh oposisi terkenal Malaysia, Anwar Ibrahim, menegaskan dirinya akan memberi dukungan penuh kepada pemerintahan baru yang dipimpin Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad.

"Saya telah memberikan kepastian kepada Tun Mahathir, kepada Wakil PM Azizah (Wan Azizah Wan Ismail), bahwa saya ada di sini sebagai warga negara yang peduli untuk memberikan dukungan penuh untuk mengelola negara ini dalam pemahaman bahwa kita berkomitmen pada agenda reformasi," tegas Anwar dalam konferensi pers seperti dilansir Reuters, Rabu (16/5/2018).

Konferensi pers yang digelar di kediaman Anwar di Segambut, Kuala Lumpur ini merupakan yang pertama setelah dia dibebaskan dari penjara.


Diketahui bahwa Anwar pernah dicopot dari jabatan Wakil PM Malaysia dan dijebloskan ke penjara oleh Mahathir di pemerintahannya terdahulu. Keduanya sepakat menjalin koalisi setelah mengakhiri konflik yang berlangsung bertahun-tahun. Anwar pun ditanya wartawan, apakah dirinya bisa mempercayai PM Mahathir memegang komitmen yang disepakati keduanya.

"Itu sudah terjadi sejak lama (sejak Anwar dicopot)... Dia (Mahathir-red) telah membuktikan diri. Dia berjuang dan bekerja keras tanpa kenal lelah. Dia mendukung agenda reformasi. Dia memfasilitasi pembebasan saya. Mengapa saya harus memendam kebencian kepadanya?" jawab Anwar.

Dalam konferensi pers ini, Anwar mengucapkan terima kasih kepada PM Mahathir yang telah membantunya mendapatkan royal pardon atau pengampunan penuh dari Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V.




Simak juga pernyataan putri Anwar Ibrahim yang pastikan ayahnya siap pimpin Malaysia lewat video berikut:

(nvc/bpn)
FOKUS BERITA: Kabinet Mahathir
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed